Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Balai TNK Libatkan PSDKP Kupang Dalami Pencurian Terumbu Karang

Balai Taman Nasional Komodo menggandeng Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kupang mendalami pencurian terumbu karang

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/GECIO VIANA
Pelaku pencurian terumbu karang diamankan petugas Balai TNK Labuan Bajo, Selasa 26 Oktober 2021 

Laporan Reporter TRIBUN FLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUN FLORES.COM,LABUAN BAJO-Balai Taman Nasional Komodo (TNK) menggandeng Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kupang mendalami barang bukti pencurian terumbu karang.

"Kami sudah koordinasi dengan Kantor PSDKP Kupang. Dalam waktu dekat tim akan tiba di Labuan Bajo untuk indentifikasi jenis karang (hasil curian)," kata Kepala Satuan Polhut Balai TNK, Julizar Riduan, Selasa 26 Oktober 2021.

Petugas Balai TNK mengamankan tiga pelaku pencurian terumbu karang di area perairan Pulau Siaba Besar. Lokasi pencurian dalam kawasan TNK.

"Untuk jenis soft coralnya sendiri masih mencari tahu. Saat ini kami sudah menghubungi Kantor PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan Kupang, jadi nanti yang lebih terkait status perlindungan terumbu karang lebih tepatnya ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan," katanya.

Baca juga: Polres Manggarai Barat Akan Ungkap Pencurian Aki Speed Boat Di Dermaga Ujung

Kronologis penangkapan, kata Julizar, saat tim Balai TNK bersama dengan masyarakat Peduli Api Kemen LHK untuk melakukan pencegahan kebakaran hutan.

Namun dalam kegiatan rutin tersebut ditemukan pencurian terumbu karang di wilayah kerja seksi 3 yakni Pulau Siaba Besar.

"Jadi pada saat teman teman melakukan patroli ke Pulau Siaba mereka melihat ada satu buah perahu motor yang sedang melakukan aktivitas di Pulau Siaba Besar bagian barat yang notabene adalah lokasi snorkeling. Teman-teman tim patroli menghampiri perahu motor tersebut, melihat aktivitas warga sedang mengambil sejenis soft coral di lokasi tersebut," kata Julizar.

Berdasarkan penuturan para pelaku, terumbu karang tersebut akan diperdagangkan.

Baca juga: Perempuan Golo Mori Manggarai Barat Bersimpuh Minta Polisi Bebaskan Suami dari Tahanan

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved