Breaking News:

Berita Manggarai Barat

Sukses Tangani Kejahatan Perempuan, Rita Wulandari Terima Penghargaan Konferensi Polwan Sedunia

Anggota Bareskrim Polri, AKBP Rita Wulandari Wibowo menerima penghargaan pada Konferensi Polwan Sedunia atau International Association of Woman Police

Editor: Egy Moa
ISTIMEWA
Anggota Bareskrim Polri, AKBP Rita Wulandari Wibowo menerima International Association of Woman Police (IAWP) Award di Labuan Bajo, Selasa 9 November 2021. 

Laporan Reporter TRIBUN FLORES.COM, Gecio Viana

TRIBUN FLORES.COM,LABUAN BAJO-Anggota Polisi Wanita (Polwan) dari Bareskrim Polri, AKBP Rita Wulandari Wibowo menerima penghargaan pada Konferensi Polwan Sedunia atau International Association of Woman Police (IAWP) Award di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Selasa, 9 November 2021.

Rita menjadi satu-satunya Polwan RI penerima IAWP Award, Asosiasi Polisi Wanita Internasional bersama sembilan polisi dari negara lainnya. Mereka dinilai terbaik menganani kejahatan terhadap perempuan dalam kategori Prevention and Detection of Violence Against Women Award 2020 (Penghargaan Pencegahan dan Deteksi Kekerasan terhadap Perempuan 2020).

Konferensi ke-58 Polwan Sedunia di Labuan Bajo dimulai Minggu, 7 November 2021 diresmikan pembukaan oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit, M.Si, dihadiri perwakilan aparat penegak hukum dari negara sahabat, Polwan dari mancanegara dan Polwan RI dari Sabang sampai Merauke sebanyak 980 peserta yang hadir secara langsung maupun online oleh 39 negara.

Momen ini merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia karena merupakan negara tuan rumah pertama di Asia sejak berdirinya asosiasi ini pada tahun 1915.

Baca juga: Konferensi Polwan Sedunia di Labuan Bajo, Bupati Manggarai Barat Sampaikan Terima Kasih 

Saat menerima penghargaan, Rita sudah bertugas di Pusinafis Bareskrim. Ia menyampaikan terima kasih kepada Kapolri yang telah mendukungnya memberikan akses dan kesempatan kepada Polwan untuk maju dan setara gender di lingkungan Polri. Ini dibuktikan dengan jabatan sebagai Kapolres Kota Tegal.

Presiden IAWP, Deborah Friedl dalam sambutan virtual mengatakan, Rita mendapatkan award karena dinlai konsistensi dan kecintaannya selama 17 tahun menangani kasus perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum, baik melalui siber maupun kejahatan konvensional antara dengan pengungkapan kasus-kasus, kekerasan fisik, psikis atau seksual pada tindak pidana perdagangan orang, perdagangan organ tubuh, pelacuran atau pornografi anak. Penyelundupan manusia atau people smuggling, dan pengiriman pekerja ilegal keluar negeri untuk dieksploitasi secara fisik atau seksual serta terlibat dalam operasi pemulangan 2.500 TKIB dan WNI dari Timur Tengah ke Indonesia.

Semuanya dilakukan ketika Rita bertugas menjadi penyidik di Subdit Renakta Polda Metro Jaya, Kanit PPA di Direktorat Tindak Pidana Umum dan Kanit di Direktorat Tindak Pidana Siber di Bareskrim Polri.

Rita yang pernah mendapat pin emas Kapolri, melibatkan dirinya dalam berbagai program dan kegiatan untuk membagikan pengalamannya kepada kementrian dan lembaga, para praktisi maupun akademisi dan masyarakat guna dimanfaatkan untuk menciptakan program dan strategi pencegahan dan penanganan, melindungi perempuan dan anak Indonesia serta kelompok rentan lainnya seperti disabilitas, lansia dan kaum terdiskriminasi lainnya agar tidak menjadi korban/pelaku kekerasan atau eksploitasi kejahatan berbasis gender.

Baca juga: Capaian Vaksinasi di Manggarai Barat, Dosis Pertama 50,6 Persen, Dosis Kedua 23,1 Persen

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved