Breaking News:

Berita Flores Timur

Asosiasi Nelayan Cerdas Flotim Deklarasikan Koperasi Serba Usaha

Asosiasi Nelayan Cerdas Flotim mendeklarasikan Koperasi Serba Usaha (KSU) Nelayan Cerdas di Hotel Asa,Kota Larantuka, Jumat 26 November 2021.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/AMAR OLA KEDA
Nelayan di Flores Timur mendeklarasikan KSU Nelayan Cerdas di Hotel Asa, Kota Larantuka,Jumat 26 November 2021. 

Laporan Reporter TRIBUN FLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUN FLORES.COM,LARANTUKA-Kelompok nelayan di Kabupaten Flores Timur (Flotim),Pulau Flores yang bergabung dalam Asosiasi Nelayan Cerdas Flotim mendeklarasikan Koperasi Serba Usaha (KSU) Nelayan Cerdas di Hotel Asa, Kelurahan Weri, Kota Larantuka, Jumat 26 November 2021.

Ketua Asosiasi Nelayan Cerdas Flotim, Rikardus Umbu mengatakan seluruh nelayan di Flores Timur diberi kesempatan yang sama mendapatkan distribusi aset yang disediakan oleh negara. Hanya dengan koperasi bisa mengorganisir kepentingan bersama. Bukan kepentingan pribadi, kelompok atau golongan.

"Kesempatan penguasaan aset yang sama inilah kita dimampukan untuk bersama-sama dalam semangat gotong royong atau gemohing membangun ekonomi kita menuju bonum commune atau kesejahteraan bersama," ujarnya kepada wartawan, Jumat 26 November 2021.

Ia mengatakan gemohing adalah sosio-demokrasi di Indonesia. Karena itu, gotong royong atau gemohing yang juga melekat erat dalam kultur sosial budaya masyarakat Flores Timur sesungguhnya adalah jati diri. Sebagai jati diri, maka sejatinya gotong royong atau gemohing harus senantiasa diwujudkan dalam berbagai praktek kehidupan bersama terutama dalam praktek kehidupan perekonomian.

Baca juga: UMK Flores Timur Naik Rp 21 Ribu, UMP NTT Naik Rp 25 Ribu

"Tidak cuma retorika. Kita harus bergotong royong, kita harus terus ber-gemohing dalam membangun perekonomian kita," katanya.

Menurut dia, hal itu sejalan dengan watak ekonomi kita yang adalah ekonomi kerakyatan. Watak ekonomi yang dibangun dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Atas dasar inilah para pendiri bangsa ini menggagas dan meletakan koperasi sebagai alat untuk membangun ekonomi rakyat dengan prinsip dari, oleh dan untuk anggotanya. Prinsip kebersamaan membangun untuk memberantas kemiskinan ekonomi.

Sekretaris Asosiasi Nelayan Cerdas Flotim, Marianus Lein mengatakan, bicara kemiskinan adalah bicara tentang kesetaraan ekonomi masyarakat. Ekonomi masyarakat yang setara atau sejajar dengan ekonomi masyarakat yang lain, juga penguasaan aset ekonomi yang setara dan sejajar antara rakyat yang satu dengan rakyat yang lain.

Ia menambahkan, aset bukan hanya soal uang atau tanah. Tetapi juga soal akses informasi pasar, akses pembiayaan, akses teknologi dan akses pengambilan keputusan.

Baca juga: 12 Kasus Pencabulan Anak di Flores Timur Diajukan ke Pengadilan

"Ide kita adalah membuat setiap orang diberi kesempatan yang sama. Jangan hanya orang kaya dan pintar saja yang diberi aset agar jangan sampai yang miskin tambah miskin karena anaknya tidak berpendidikan. Karena dia miskin hingga tidak mendapatkan kesempatan yang sama, padahal mungkin anaknya berbakat," kata Marianus.

Berita Flores Timur lainnya

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved