Breaking News:

Berita Flores Timur

Pemkab Flotim Segera Umumkan Hasil Sengketa Pilkades, Tapi Tidak Ada Pilkades Ulang

Bupati Flores Timur,Antonius Gege Hadjon mengatakan sidang sengketa Pilkades dari 12 desa telah dilaksanakan dan segera diumumkan hasilnya.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/AMAR OLA KEDA
Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon memberi keterangan sengketa Pilkades Flotim. 

Laporan Reporter TRIBUN FLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUN FLORES.COM,LARANTUKA-Sejumlah 12 desa yang mengajukan gugat hasil sengketa Pilkades di Kabupaten Flores Timur (Flotim) sudah disidangkan tim panitia kabupaten. Dari hasil sidang, tim akan melakukan penelaahan dan merekomendasikan ke bupati untuk diputuskan.

"Kita punya tim. Sekarang saya sudah mulai kerja dan tentu saya melihat hasil kerja mereka. Saya berangkat dari hasil kerja tim. Saya putuskan dari hasil kerja mereka," kata Bupati Flores Timur, Anton Gege Hadjon,kepada wartawan, Senin 29 November 2021.

Keputusan yang akan diambil berdasarkan hasil kerja tim yang menyidangkan sengketa itu. Namun tak ada ketentuan untuk Pilkades ulang.

"Tidak ada Pilkades ulang. Tidak ada aturan Pilkades ulang, kecuali suara sama seperti di Solor Selatan. Nanti kita lihat. Tapi saya tidak berangkat dari sesuatu yang kosong. Saya akan putuskan dari sesuatu yang sudah terjadi termasuk kerja tim saat mempertemukan mereka," katanya.

Baca juga: UMK Flores Timur Naik Rp 21 Ribu, UMP NTT Naik Rp 25 Ribu

Sebelumnya Kepala Dinas PMD Flotim, Theodorus Hadjon mengatakan ke-12 desa yang mengajukan sengketa gugatan itu tersebar di beberapa kecamatan yakni masing-masing dua desa di Kecamatan Wulanggitang, Kecamatan Titehena, Tanjung Bunga, Adonara Timur. Satu desa di Kecamatan Witihama,Adonara Tengah,Adonara dan satu desa di Kecamatan Solor Timur.

Menurut dia, semua gugatan sudah disidangkan dan menunggu keputusan Bupati Flores Timur.

"Dari sidang itu kita menelaah sesuai regulasi dan persyaratan yang ada, lalu kita memberikan rekomendasi ke bupati untuk memberi keputusan," katanya.

Ia mengatakan, dari 118 desa yang menggelar Pilkades, satu desa yakni Desa Kalike, kecamatan Solor Selatan wajib melakukan pemilihan ulang karena dua calon memperoleh suara sama saat perhitungan.

Baca juga: Dipecat, Oknum Guru SMKN Larantuka Ajak Siswi Kerja Tugas di Kamar

"Karena suara sama, seminggu setelah pemilihan, dilakukan pemilihan ulang dan sudah ada hasilnya," tandasnya.

Sebanyak 118 di Flotim telah melakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 16 Oktober lalu.

Berita Flores Timur lainnya

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved