Breaking News:

Renungan Harian Katolik

Renungan Harian Katolik Jumat 10 Desember 2021: Wajah Ganda Kita

Sementara Yesus yang hadir, makan dan minum dianggap pelahap dan peminum bahkan sebagai sahabat pemungut cukai dan orang berdosa.

Editor: Gordy Donovan
Renungan Harian Katolik Jumat 10 Desember 2021: Wajah Ganda Kita
Tribun Flores.Com
RD Hironimus Nitsae

Wajah Ganda Kita (Injil Matius, 11:16-19)

Oleh RD. Hironimus Nitsae

POS-KUPANG.COM - Teks ini mengisahkan pada kita soal cara berpikir orang Farisi dan ahli Taurat.

Bagi mereka kedatangan Yohanes dengan ciri khas tidak makan dan minum sebagaimana kebanyakan mereka dianggap sebagai kerasukam setan.

 Sementara Yesus yang hadir, makan dan minum dianggap pelahap dan peminum bahkan sebagai sahabat pemungut cukai dan orang berdosa.

Pada teks ini ada beberapa hal yang perlu dipahami dari cara berpikir mereka: pertama: Kecenderungan mereka adalah pada sebatas melihat kesalahan orang lain.

Jarang melihat dan menilai kebaikan sesama.

Kedua: perihal Yohanes Pembaptis dan Yesus, bagi mereka adalah batu sandungan. Mengapa? Karena makin banyak orang semakin percaya kepada pewartaan Tuhan.

Resikonya mereka kehilangan kepercayaan diri dari sesama mereka. Juga bahwa target mereka untuk tetap populer di mata rakyat makin menurun.

Kita pahami bahwa tipikal kaum Farisi dan ahli Taurat adalah mencari ketenaran dengan label ajaran agama yang ternyata tidak juga dijalankan dengan baik.

Pada kita, tak dipungkiri bahwa kita juga terkadang menampilkan wajah ganda karena ingin tetap diperhatikan, tetap diiming-iming status atau jabatan sosial.

Bahkan kita gunakan berbagai cara hanya untuk tetap mendapatkan pengakuam bahkan di hadapan Tuhan sendiri.

Maka, semoga dengan kisah Injil hari ini, dapat membuat kita sadar bahwa hikmat Allah tetap di atas segalanya dari kecerobohan egoistik kita.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved