Berita Nagekeo

Wabup Marianus Pimpin Deklarasi STBM di Desa Ululoga Nagekeo

Kepala Puskesmas Mauponggo, Michael Eo, menjelaskan, Desa Ululoga merupakan salah satu desa binaan program kesehatan lingkungan.

Editor: Gordy Donovan
Walni untuk Tribun Flores.Com
Wabup Nagekeo Marianus Waja pose bersama usai deklarasi STBM di Ululoga Kecamatan Mauponggo Kabupaten Nagekeo, Selasa 14 Desember 2021. 

TRIBUN FLORES.COM | MBAY – Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja hadir dan memimpin deklarasi Sanitasi Total Berbasi Masyarakat (STBM) di Desa Ululoga Kecamatan Mauponggo, Selasa 14 Desember 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi penghargaan kepada masyarakat Desa Ululoga yang telah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan mengaplikasikan lima pilar STBM yang meliputi stob buang air besar sembarangan (Babs), cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan rumah tangga yang benar, pengolahan sampah rumah tangga, pengolahan limbah cair secara baik dan benar.

Kepala Puskesmas Mauponggo, Michael Eo, menjelaskan, Desa Ululoga merupakan salah satu desa binaan program kesehatan lingkungan dan merupakan desa contoh di wilayah kerja UPTD Puskesmas Mauponggo.

“Patut kita berikan apresiasi karena perilaku sanitasi masyarakat di desa Ululoga sudah sangat baik dengan terwujudnya lima pilar STBM disetiap rumah tangga. deklarasi pada hari ini telah dilalui dengan beberapa tahapan yakni pemicuan, monitoring STBM, verifikasi STBM oleh tim verifikasi kecamatan, Kabupaten dan didukung oleh para bidan dan pemerintah desa Ululoga,’’ujarnya.

“Yang diharapkan akan terus meningkatnya upaya derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dan mencegah berbagai permasalahan kesehatan yang berbasis lingkungan,’’ujarnya.

Sementara itu, wakil bupati Nagekeo, Marianus Waja, menekankan desa-desa lain harus mengikuti desa Ululoga supaya bisa mendeklarasikan desanya juga.

Ia juga mengingatkan pentingnya sarana sanitasi terutama kamar WC di masing-masing rumah tangga.

Selain itu, Wabup Nagekeo juga berbicara tentang pentingnya PHBS dan Germas terutama sarapan pagi untuk anak sekolah.

Sementara itu, staf Sanitarian Puskesmas Mauponggo, Rayneldis Ngodi, mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

“Diharapkan masyarakat Ululoga tetap mempertahankan kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat dengan lima pilar STBM dan semoga bisa menjadi contoh maupun motivasi buat desa-desa lain di wilyah Kecamatan Mauponggo terutama desa wisata,’’ujarnya. (GG).

Berita Nagekeo Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved