Berita Manggarai

Yustina Yasinta, Satu-Satunya Kades Perempuan dari 93 Pria Dilantik Bupati Manggarai

Satu-satunya Kades perempuan Yustina Yasinta dari Desa Bangka Kenda bersama 93 Kades pria dilantik oleh Bupati Manggarai,Herybertus Nabit.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
Kepala Desa Bangka Kenda,Kabupaten Manggarai,Yustina Yasinta dilantik Kamis 30 Desember 2021 di Gedung MCC Kota Ruteng. 

Laporan Reporter TRIBUN FLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUN FLORES.COM,RUTENG-Sebanyak 94 kepala desa (Kades) terpilih periode 2021-2027 pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Gelombang III tanggal 11 November 2021 resmi dilantik oleh Bupati Manggarai, Herybertus GL Nabit, SE.,MA.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 94 Kepala Desa ini berlangsung di Aula MCC Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Kamis 30 Desember 2021 siang.

Dari 94 kepala desa yang dilantik hanya ada satu perempuan, 93 orang Kades lainya adalah laki-laki. Dia adalah Yustina Yasinta, Kades terpilih Desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Ri'i.

Yasinta mengaku bangga karena diantara 94 kepala desa terpilih yang dilantik dirinya saja adalah seorang perempuan yang terpilih menjadi kepala desa.

Baca juga: Bupati Manggarai Lantik 94 Kepala Desa Periode 2021-2027

"Saya merasa bangga, karena dari 94 Kepala desa yang hari ini dilantik hanya saya saja yang Perompuan. Saya merasa bangga luar biasa karena ada keterwakilan perempuan yang terpilih di periode 2021-2027,"ungkapnya.

Ia juga berharap, agar pada pemilihan kepala desa-kepala desa berikutnya juga ada keterwakilan Perempuan yang lebih dari satu orang, sehingga terciptanya kesetaraan gender.

Yasinta mengaku ia berhasil meraih 442 suara dari dari 4 calon Kades yang ikut dalam Pilkades Bangka Kenda, 11 November Tahun 2021.

Yasinta juga mengatakan, ketika sudah dilantik menjadi kepala desa, ia siap bekerja membangun masyarakat dan desa Bangka Kenda. Ia merencanakan kedepan khusus di musyawarah dusun harus ada keterwakilan perempuan sehingga gagasan-gagasan dari perempuan menjadi prioritas untuk diakomodir baik dalam bidang apa saja.

Baca juga: Waket DPRD Manggarai Harapkan Kapolda NTT Tegakan Hukum Kekerasan Perempuan

Yasinta juga mengaku potensi keunggulan di Desa Bangka Kenda adalah di bidang pertanian.

"Di Bangka Kenda itu dapur Kota Ruteng, sehingga upaya saya ke depan di bidang pemberdayaan khusus kelompok-kelompok perempuan kita bina pengolahan pupuk bokasi hingga pupuk itu digunakan untuk menghasilkan usaha ekonomi produktif di keluarga,"ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Hery dalam sambutanya mengaku bangga karena ada keterwakilan perempuan yang terpilih menjadi kepala desa yaitu kepala Desa Bangka Kenda.

Menurutnya, adanya kepala desa terpilih dari perempuan ini adalah hal yang istimewa karena ada keterwakilan dari unsur Perompuan.

"Hal istimewa dari hasil Pilkades Serentak Tahun 2021 adanya keterwakilan dari unsur Perompuan yang terpilih menjadi kepala desa dari 94 desa yang menyelenggarakan Pilkades yaitu Kepala Desa Bangka Kenda,"ungkap Bupati Hery disambut tepuk tangan meriah dari para undangan yang hadir.

Baca juga: Lelah Terbayar Lunas di Tanjung Kanjoruk Manggarai

Bupati Hery juga dalam kesempatan itu meminta kepada Kepala Desa Bangka Kenda, Yustina Yasinta yang dilantik itu untuk berdiri di depan.

"Tahun ini satu, mudah-mudahan tahun depan 10 tahun depan lagi bisa 50,"harap Bupati Hery.

Bupati Hery juga menyampaikan terima kasih kepada Yustina Yasinta yang berhasil menjadi kepala desa dan berharap menjadi contoh bagi perempuan-perempuan di Manggarai. "Terima kasih ibu, selamat bertugas. Jadi contoh untuk semua anak-anak perempuan Manggarai,"ujarnya.

Menurutnya dengan keterpilihan perempuan menjadi kepala desa itu menggambarkan demokrasi kita makin matang dan makin baik.

Berita Manggarai lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved