Berita Nagekeo

Pelajar Mbay Belajar Jurnalistik di Studio Radio Suara Nagekeo

Kegiatan ini bertujuan, menambah wawasan para pelajar terkait dengan pengetahuan dasar jurnalistik, produk komunikasi dan dunia penyiaran.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUN FLORES.COM/HO-RSN
PELATIHAN - Pelajar di Mbay saat belajar jurnalistik di Studio Radio Suara Nagekeo, Sabtu 15 Januari 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MBAY - Manajemen Radio Suara Nagekeo (RSN) menggelar pelatihan jurnalistik radio bagi para pelajar Sekolah Menengah Atas di Mbay Nagekeo. Kegiatan ini dalam rangka menjalin kerjasama antara Radio Suara Nagekeo dengan lembaga Pendidikan.

Kegiatan yang berlangsung di Studio RSN, Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo pada Sabtu 15 Januari 2022 ini diikuti oleh 4 orang siswa dari SMAN 1 Aesesa dan 4 orang siswa SMA Katolik Baleriwu, Danga.

Acaranya yang dipandu oleh Penyiar RSN Yanto Manatappi ini dibagi menjadi dua sesi, pertama adalah pelatihan jurnalistik yang mana para peserta dibekali materi-materi berkaitan dengan dunia jurnalistik radio mulai dari pembentukan tim produksi, observasi materi program, merancang program membuat skrip, hingga live on air.

Setelah mendapat materi tentang teknik teknik dasar penyiaran, siswa langsung mempraktekan bagaimana menjadi seorang penyiar radio dan juga menjadi host dalam sebuah acara talk show maupun broadcasting.

Baca juga: Anggota Brimob Tertembak, Terduga Pelaku KKB Papua Kelompok Ngalum Kupel

 

"Selain teori, para siswa juga diharapkan mampu melakukan praktek secara langsung di lembaga penyiaran. Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Suara Nagekeo (RSN) membuka ruang praktek bagi para pelajar sebagai bentuk pengalaman dalam memproduksi program siaran radio" ungkap Yanto.

Kegiatan ini bertujuan, menambah wawasan para pelajar terkait dengan pengetahuan dasar jurnalistik, produk komunikasi dan dunia penyiaran.

Kemudian, dalam mengelola informasi akan dikemas dalambentuk program acara siaran radio yang juga merupakan salah satu bentuk representasi dari sejumlah materi pembelajaran dikurikulum pendidikan.

Adapun format program siar berupa konten radio seputar dunia pendidikan melalui program Radio Suara Pelajar. Seluruh materi akan diproduksi dan dibawakan oleh para siswa, tentunya setelah mendapat pelatihan serta bimbingan hingga tahap produksi

Mengapa harus Radio? Karena radio adalah semua tentang komunikasi dan menjalankan acara radio membutuhkan komitmen dan kerja tim agar bisa sukses, sehingga manajemen produksi penyiaran yang dibekali LPPL- RSN cukup mudah digunakan sehingga semua siswa, tanpa memandang usia atau kemampuan, dapat terlibat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved