Breaking News:

Pembangunan Waduk Lambo

Masyarakat Adat Desak Pemerintah Realisasikan Ganti Rugi Pembangunan Waduk Lambo di Nagekeo

Mereka yang terdampak pembangunan waduk Lambo menuntut pemerintah segera mempercepat pembangunan waduk Mbay/Lambo.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/TOMMYMBENU NULANGI
DEMONSTRASI - Masyarakat adat Lambo, Rendu, dan Ndora melakukan demonstrasi di Kantor Bupati Nagekeo, Rabu 19 Januari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM, MBAY - Masyarakat adat yang menamakan diri Forum Komunitas Adat Lambo, Rendu, dan Ndora melakukan aksi demonstrasi di Kota Mbay, ibu kota Kabupaten Nagekeo, Rabu 19 Januari 2022.

Mereka yang terdampak pembangunan waduk Lambo menuntut pemerintah segera mempercepat pembangunan waduk Mbay/Lambo.

Sebab, sejak rencana proyek strategis nasional tersebut bergulir, mereka mendukung pembangunan proyek miliaran rupiah tersebut.

Dalam aksi tersebut, masyarakat adat juga meminta pemerintah agar segera merealisasikan kompensasi pembayaran ganti rugi lahan.

Baca juga: Hadiri Deklarasi Janji Kinerja Kanim Maumere, Kakanwil Kemenkumham Ingatkan Sehat Itu Penting

 

Sedikitnya, ada sembilan poin tuntutan yang disampaikan oleh masyarakat adat Lambo, Rendu, dan Ndora. Kesembilan tuntutan tersebut diantaranya:

Pertama, Forum Masyarakat Adat dari ketiga komunitas (Lambo, Ndora dan Rendu) adalah komunítas masyarakat adat yang sejak awal mendukung pemerintah dan tetap mendukung penuh pembangunan Waduk Mbay/ Lambo di lokus yang telah ditetapkan oleh bapak Gubernur NTT.

Kedua, Forum Masyarakat Adat menuntut Pemerintah dan semua pihak terkait untuk segera mempercepat proses pembayaran kompensasi kepada masyarakat terdampak sesuai dengan haknya masing masing yang terpetakan dalam peta bidang Waduk Mbay/ Lambo.

Ketiga, Forum Masyarakat Adat mengecam keras dan menolak campur tangan pihak luar dalam hal ini Aliansi Masyarakat adat Nusantara ( AMAN) yang tidak berkepentingan dengan Pembangunan PSN ini di wilayah tiga komunitas masyarakat adat dimaksud.

Baca juga: Wakil Bupati Flores Timur Perintahkan Inspektorat Audit Kinerja Dinas Kesehatan

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved