Breaking News:

Banjir Kampung Ujung

Pemkab Matim Serahkan Bantuan Darurat untuk 33 KK Korban Banjir di Kampung Ujung Borong

Kata dia, bantuan tanggap darurat itu berupa beras 10 kilogram (Kg), mie instan 2 dus, dan air minum mineral 1 dus/Kepala Keluarga (KK).

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ROBERT ROPO
BANTUAN - Penyerahan bantuan emergency untuk korban bencana banjir di Kampung Ujung, Borong Manggarai Timur, Rabu 19 Januari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG - Hujan lebat yang terjadi Rabu 19 Januari 2022 mulai pukul 06.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita mengakibatkan banjir besar di Kali Wae Bobo, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim).

Banjir di kali Wae Bobo ini meluap dan merendam puluhan rumah yang ada di bantaran sungai tersebut  tepatnya di RT 10/RW 04 Kampung Ujung, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong.

Terkait dengan peristiwa bencana banjir ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Matim langsung respon cepat dengan menurunkan bantuan tanggap darurat/emergency untuk para korban. Penyerahan bantuan itu langsung di Kampung Ujung, Rabu Sore.

Turun langsung menyerahkan bantuan itu, Kepala BPBD Kabupaten Matim, Petrus Subin, bersama Camat Borong Sistus Mbalur, Lurah Kota Ndora, Saverinus Songku, Lurah Rana Loba, Yos Kapang, anggota DPRD Matim, anggota Polres Manggarai Timur, Anggota Koramil Borong.

Baca juga: BREAKING NEWS: Puluhan Rumah di Kampung Golput Manggarai Timur Terendam Luapan Kali Wae Bobo

 

Kepala BPBD Matim, Petrus Subin, mengatakan, Pemkab Matim respon cepat terhadap para korban bencana banjir ini dengan memberikan bantuan tanggap darurat atau bersifat emergency.

Kata dia, bantuan tanggap darurat itu berupa beras 10 kilogram (Kg), mie instan 2 dus, dan air minum mineral 1 dus/Kepala Keluarga (KK).

Selain itu, kata Petrus, juga bantuan air bersih menggunakan mobil tangki air milik BPBD dan juga alat berat (buldozer) milik BPBD juga diturunkan di lokasi untuk membantu melakukan evakuasi material untuk pembangunan tanggul penahan banjir darurat.

Dikatakan Subin, Dinas Kesehatan Kabupaten Matim juga turun langsung melakukan pelayanan kesehatan gratis bagi warga korban banjir di Kampung Ujung.

Baca juga: Pantai Cepi Watu Borong, Tempat Wisata Favorit Warga Lokal di Manggarai Timur

Camat Borong, Sistus Mbalur, juga menambahkan jumlah rumah yang terendam banjir sebanyak 32 rumah. Dari 32 rumah itu terdapat 33 KK dengan 142 jiwa.

"Jadi dari Pemda Manggarai Timur melalui BPBD sudah memberikan bantuan tanggap darurat kepada 33 KK ini berupa beras, mie instan dan air minum mineral. Juga ada alat berat diturunkan untuk pembangunan tanggul darurat penahan banjir,"jelasnya.

Camat Sistus juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada baik pada siang maupun malam hari karena sesuai imbauan BMKG cuaca ekstrim ini masih berpotensi pada beberapa hari kedepan. (*)

Berita Manggarai Timur Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved