Berita Nagekeo

Radio Suara Pelajar, Dinas Kominfo Nagekeo Kembangkan Potensi Jurnalistik

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nagekeo meluncurkan program radio suara pelajar untuk mengembangkan potensi jurnalistik pelajar.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Para pelajar melakukan talk show dalam program radio suara pelajar di Studio RSN, Sabtu 22 Januari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Tommy Mbenu Nulangi

TRIBUNFLORES.COM, MBAY-Mengembangkan potensi pelajar Kabupaten Nagekeo di bidang jurnalistik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nagekeo meluncurkan program radio suara pelajar di Radio Suara Nagekeo (RSN).

Program tersebut diharapkan menambah wawasan para pelajar terkait dengan pengetahuan dasar jurnalistik, produk komunikasi, dan dunia penyiaran.

Kepala Bidang Pengelola Informasi, Komunikasi Publik, dan Aplikasi Informatika Joachim Sala Bongo, Sabtu 22 Januari 2022, mengatakan program tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Radio Suara Nagekeo dengan lembaga sekolah khususnya SMA di Nagekeo.

"Tujuannya untuk menambah wawasan bagi para pelajar terkait pengetahuan dasar jurnalistik,
produk komunikasi dan dunia penyiaran," ujarnya.

Baca juga: Alokasi Pupuk Subsidi Berkurang, Distan Nagekeo Edukasi Petani Gunakan Pupuk Organik

Joachim menjelaskan, program tersebut memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pelajar untuk mengembangkan potensi dan talenta yang dimiliki lebih khusus seputar jurnalistik.

"Seperti bagaimana membuat konten seputar dunia pendidikan, lalu menggelar talk show, menjadi penyiar hingga dapat melaporkan kegiatan secara langsung berkaitan dengan kegiatan sekolah," ujarnya.

Joachim menjelaskan, dalam proses pelaksanaannya pelajar akan didampingi oleh jurnalis dan penyiar Radio Suara Nagekeo mulai dari proses produksi hingga pada tahapan publikasi berita maupun konten yang dihasilkan.

"Jadi melalui program ini para pelajar dapat mengekspresikan pandangan dan juga membangun kepercayaan diri. Siswa akan diberi ruang untuk mendiskusikan isu-isu penting, mencari tema sendiri yang akan didiskusikan atau berbagi ide, bahkan hingga menjadi jurnalis sekolah yang dapat melaporkan kegiatan di sekolah masing-masing yang kemudian dipublikasikan melalui radio," ungkapnya.

Baca juga: Pemda Nagekeo dapat Alokasi 4.009 Ton Pupuk Bersubsidi, Tersedia di Tujuh Kios

Menurut Joachim, kerjasama antara radio dengan pelajar ini juga merupakan bagian dari upaya RSN menggaet pendengar khusunya kaum milenial karena kedepannya kerjasama ini akan terus berlanjut ke sekolah-sekolah lain di Kabupaten Nagekeo.

"Kedepan RSN akan terus berinovasi dan menjalin kerjasama publikasi dengan berbagai instansi guna mendongkrak penerimaan radio," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang Penyiar Radio Suara Nagekeo, Novia Aziza mengatakan bahwa program tersebut rencananya akan berlangsung secara rutin setiap akhir pekan.

Untuk program perdana akan dilaksanakan, Sabtu 22 Januari 2022. Radio Suara Pelajar akan mengudara perdana dalam acara 10-12 Radio Suara Nagekeo dengan peserta lima orang pelajar dari SMAN 1 Aesesa.

Baca juga: Satu Pasien DBD di Nagekeo Meninggal Dunia, Masyarakat Diminta Patuhi 4 MPlus

"Hari ini Radio Suara Pelajar akan tayang perdana dengan pesertanya adik-adik dari SMAN 1 Aesesa. Jadi mereka akan menggelar talk show dengan tema Patroli Kemanan Sekolah," ungkapnya.

Novia mengungkapkan, dalam acara talk show, para siswa akan mendiskusikan banyak hal terkait Patroli Keamanan Sekolah hingga berkesempatan mewawancarai dua narasumber yakni guru pembina PKS dan pelatih PKS dari pihak Kepolisian.

"Kedepannya nanti bukan hanya talk show saja, siswa juga diberi kesempatan untuk bisa jadi jurnalis yang bisa melaporkan kegiatan di sekolah masing-masing yang tentu saja akan disiarkan melalui Radio Suara Nagekeo" pungkasnya.

Berita Nagekeo lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved