Berita Sikka

Dimodali Kopdit Obor Mas, Kaur Desa Kolidetung Berdayakan Perempuan Tanam Holtikultura

Dimodali KUR Kopdit Obor Mas Maumere,Yanuarius Lelang bersama kaum perempuan Desa Kolidetung di Kabupaten Sikka mengembangkan tanaman holtikultura.

Penulis: Egy Moa | Editor: Egy Moa
DOK.KOPDIT OBOR MAS
Manajer Area KSP Kopdit Obor Mas, Martonsius Juang bersama kelompok tani warga Desa Kolidetung, di Kecamatan Lela, Kabuaten Skka, Pulau Flores, Selasa 25 Januari 2022. 

TRIBUN FLORES.COM, MAUMERE-Pandemi virus Corono (Covid-19) melanda dunia 2020 telah mengubah segalanya. Banyak usaha ekonomi gulung tikar, terdampak pandemi Covid-19.

Tak terkecuali masyarakat Desa Kolidetung di Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, Pulau Flores juga terkena dampaknya.

Yanverius Lelang, menjabat Kaur Perencanaan Desa Kolidetung tak mau berdiam diri begitu saja menerima keadaan. Ia harus melakukan sesuatu membantu warga di desanya menghadapi keadaan ini.

Asap dapur harus tetap mengepul. Yan, sapaan Yanuarius membuka lahan miliknya untuk diolah menjadi kebun hortikultura. Menurut informasi didapatnya, bahwa usaha-usaha yang tetap bertahan di masa pandemi Covid 19 adalah usaha sektor kesehatan, bisnis online, kuliner dan pertanian.

Baca juga: Filosofi Kepemimpinan Alat Vital Pria Bikin Ngakak Karyawan Kopdit Obor Mas

Pilihan menanam holtikultura membulatkan tekad Yan. Tak mau kerja sendirian, ia mengajak beberapa ibu untuk memulai usaha hortikultura.

"Saya ajak ibu-ibu itu, supaya mereka sibuk kerja di kebun daripada habiskan waktu ngerumpi. Setidaknya juga bisa membantu para suami menghidupi keluarga,"kisah Yan ditemui, Selasa 25 Januari 2022.

Beranggotakan 11 orang, tujuh diantaranya kaum perempuan, mereka  menggarap lahan 1,5 hektar ditanami tomat, pare dan kacang buncis. Penanaman, perawatan dan pemupukan yang teratur mendatangkan hasil bagus.

Dalam kurun waktu dua minggu ini mereka telah tiga kali panen tomat sebanyak 3 ton. Panen pertama 210 kg, panen kedua 1.430 kg dan panen ketiga 2.300 kg.

Baca juga: GM Kopdit Obor Mas Lantik Manajer Area dan Tiga Manajer Cabang, Ingat Layani Anggota

“Saya optimis, kami masih akan panen lagi sembilan kali, walau kebanyakan orang biasanya hanya panen enam kali panen,"ujar Yan.

Sukacita Yan bertambah lengkap. Panenan mendapat harga jual yang lumayan bagus berkisar  Rp 10.000 hingga Rp 12.000/kg.

Sukses usaha ini diakui Yan, melibatkan PPL Pertanian Desa Kolidetung  melakukan pendamping teknis pertanian. Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS) sebagai pendamping teknis budidaya hortikultura juga membantu menyiapkan benih, fungisida dan insektisida. Sedangkan BUMDes Bersama Bangkit Mandiri Kecamatan Nita menyiapkan saprodi dan pemasaran.

Namun, semua perjuangan ini bisa sukses dibiayai oleh KSP Kopdit Obor Mas menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca juga: Silahkan Diakses,Kopdit Obor Mas Punya Banyak Keunggulan dan Keunikan

"Saya bersyukur kepada Obor Mas membantu pinjaman KUR.Ada yang luar bias yang saya alami adalah pelayanannya sangat cepat. Administrasi yang harus kami siapkan semuanya dibantu oleh staf lapangan. Ini  yang sangat luar biasa bagi saya, karena saya belum menemukan di koperasi manapun,"Yan antusias.

Mengungkapkan rasa terima kasihnya, Yan mengajak semua anggota kelompokbersama keluarga bergabung di KSP Kopdit Obor Mas. Menurut dia, koperasi ini yang dapat membantu memberikan pinjaman dengan bunga murah untuk modal usaha.

Kelompoknya juga mendapatkan bantuan teknologi pertanian irigasi tetes dari Pemda Sikka yang dikembangkan oleh salah satu anggota KSP Kopdit Obor Mas,  Yance Maring melalui PT. Agromar.

"Bantuan ini menghemat tenaga untuk penyiraman karena dengan sistim ini semua bisa digerakan melalui handphone" terang Yan.

Baca juga: Kemenkeu Tantang Kopdit Obor Mas Salurkan KUR Rp 500 Miliar

Pembagian keuntungan, Yan  membeberkan mekanismenya.

"Lahan ini milik saya, tapi saya tidak potong untuk porsi lahan. Tempat ini gratis untuk kelompok. Yang saya potong adalah 25

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved