Berita Ende

Kepala SMPK Frateran Ndao Ende Sebut 7 Hal Baru dalam Kurikulum Prototipe

Pertama, Struktur Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila (PPP) menjadi acuan dalam pengembangan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ORIS GOTI
WORKSHOP - Frater Yohanes Berchmans, BHK, ketika memberi arahan dalam workshop kurikulum prototipe di SMPK Frateran Ndao Ende, Jumat 21 Januari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM, ENDE - Kepala Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Frateran Ndao Ende, Frater, Yohanes Berchmans, BHK, menguraikan apa yang menjadi karaktekristik dari kurikulum terbaru yakni kurikulum Prototipe.

"Ada kurang lebih tujuh karaktekristik atau hal baru dari kurikulum ini. Dan kami SMPK Frateran Ndao Ende sudah gelar workshop tentang ini pada 20 - 21 Januari 2022," kata Frater Yohanes, Rabu 26 Januari 2022.

Beberapa Karakteristik umum kurikulum prototipe yakni: pertama, kegiatan pembelajaran dirancang berbasis projek atau PBL (Project Based Learning). Basis ini bertujuan untuk mengembangkan soft skills serta karakter.

Kedua, berfokus pada materi yang esensial. Ketiga, fleksibilitas untuk guru dalam melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal serta  melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan murid atau teach at the right level.

Baca juga: SMP Katolik Frateran Ndao Ende Bedah Kurikulum Prototipe dari Kemendikbudristek

 

Tujuh Hal Baru

Sementara itu, tujuh) hal baru yang ada dalam Kurikulum Paradigma Baru ini,

Pertama, Struktur Kurikulum, Profil Pelajar Pancasila (PPP) menjadi acuan dalam pengembangan Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian.

"Secara umum Struktur Kurikulum prototipe atau Paradigma Baru terdiri dari kegiatan intrakurikuler berupa pembelajaran tatap muka bersama guru dan kegiatan proyek," ungkapnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved