Berita Manggarai Timur

Dukung Wisata Rana Masak,Warga Kampung Purak Minta Bibit Buah

Mendukung kunjungan wisatawan ke obyek wisata Rana Masak di Manggarai Timur,warga Kampung Purak di Kecamatan Borong mengharapkan bantuan bibit buah.

Editor: Egy Moa
TRIBUNFLORES.COM/ROBERT ROPO
Semburan mata air panas Rana Masak di Desa Ngolo Delel, Kecamatan Kota Komba, Manggarai Timur. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM,BORONG-Warga Kampung Purak di Dusun Wae Bulang, Desa Ngampang Mas, Kecamatan Borong, Manggarai Timur meminta kepada Pemda Manggarai Timur memberikan bantuan bibit tanaman buah-buahan untuk mendukung obyek wisata Rana Masak.

Permintaan ini disampaikan warga Kampung Purak, Lukas Sungga (67), Rilanius Pase (18) dan sejumlah warga lainya kepada TRIBUNFLORES.COM, Jumat 4 Frebuari 2022.

Dikatakan Lukas, wisata air panas Rana Masak harus memberikan dampak yang positif bagi warga sekitar. Karena itu perlu pemberdayaan kepada masyarakat berupa bantuan bibit tanaman buah-buahan.

"Tentu adanya wisata Rana Masak ini harus memberikan manfaat juga bagi kami masyararakat sekitar. Karena itu, kami minta bantuan bibit tanaman buah-buahan untuk kami bisa budidayakan disini,"ungkapnya.

Baca juga: Rana Masak di Manggarai Timur, Matangkan Telur Hingga Sembuhkan Penyakit Kulit

Menurut Lukas, sehingga ketika wisatawan datang berkunjung ke wisata itu dapat membeli buah-buahan hasil produksi masyarakat sekitar. "Kalau pengunjung datang mereka bisa beli buah-buahan bisa petik langsung sehingga kami juga punya keuntungan dari wisata ini. Bisa petik langsung di pohon juga,"ungkapnya.

Lukas juga menambahkan, bisa juga menjadikan kampung Purak sebagai kebun buah-buahan. Sebab, keadaan tanah di lokasi sekitaran Rana Masak sangat berpotensi untuk ditanam segala macam jenis buah-buahan.

Ketika disinggung soal Rana Masak juga sesuai penelitian memiliki panas Bumi, kata Lukas, bisa dimanfaatkan, namun perlu diperhatikan baik-baik dampaknya.

Lukas menyarankan agar Rana Masak dijadikan tempat wisata air panas. Sehingga itu perlu terus ada penataan kedepan.

Baca juga: Bupati Manggarai Timur, Andreas Agas Sebut Dukung Kembangkan Potensi Panas Bumi

"Dinas Pariwisata baru bangun taman, kolam dan jalan setapak di sekitar lokasi wisata ini. Diharapkan ke depan terus ditata sehingga bisa mendatangkan banyak wisatawan,"ungkapnya.

Berita Manggarai Timur lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved