Permainan Tradisional Ngada

Lestarikan Permainan Tradisional, Ketua DPRD Ngada akan Adakan Event Wela Maka

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Ngada, Richardus Bhara, saat dikonfirmasi TRIBUNFLORES.COM sangat mendukung kegiatan tersebut.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/THOMAS AQUINO
WELA MAKA - Ketua DPRD Ngada, tengah berbaju orange, bersama pemuda asal Desa Turekisa Kecamatan Golewa Barat, sesaat sebelum bermain Gasing, Senin 1 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Thomas Aquino

TRIBUNFLORES.COM, BAJAWA - Ketua DPRD Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu, menyampaikan akan mengadakan event Wela Maka.

Event ini adalah salah satu upaya memberikan pengenalan kepada generasi muda terkait permainan tradisional dan juga terus mempererat tali silaturahmi di antara masyarakat setempat.

“Sebagai pimpinan DPRD, saya akan terus bina pemuda dengan tidak melupakan tradisi karena ini tanggungjawab sebagai wakil rakyat dan juga pemuda yang masih peduli permainan tradisional Wela Maka,” ujar Bernadinus kepada TRIBUNFLORES.COM Jumat 4 Februari 2022.

Pria yang akrab disapa Berny ini mengatakan maksud dan tujuan dari perlombaan ini bukan untuk mencari siapa paling hebat atau soal hadiah yang diperoleh dalam perlombaan tetapi lebih kepada upaya untuk mempertahankan atau melestarikan budaya yang sudah sejak lama dimainkan.

Baca juga: Mengenal Permainan Tradisional Wela Maka, Tradisi Unik dan Menarik di Kabupaten Ngada Flores

 

 

"Kita ingin permainan ini jangan sampai punah, karenanya harus sama-sama kita jaga dan perjuangkan. Kalau bisa diperlombakan, sehingga tetap lestari,'' sebut Berny.

Terkait anggaran, Berny mengungkapkan lembaga DPRD tidak memiliki dana untuk adakan event perlombaan tersebut, namun demikian dia akan berkomunikasi dengan semua anggota DPRD untuk mengadakan event permainan gasing dengan melibatkan pihak ketiga.

"Anggaran secara lembaga tidak ada untuk kegiatan itu, namun kita bisa berkomunikasi dengan teman - teman DPRD secara suka rela untuk memberikan sedikit dari yang mereka punya untuk event ini dan mencari danotur karena kegiatan ini juga penting, tetapi kita juga akan berbicara dengan pemerintah karena bidangnya Dinas Pendidikan bidang Kebudayaan,"pungkas Berny.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved