Berita Manggarai Timur

Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah BKD Manggarai Timur Periksa Kendaraan Dinas

Yakni tipe kendaraan, nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi, nomor BPKB, Tahun pembuatan kendaraan, kondisi kendaraan, STNK, dan SK pemakai.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ROBERT ROPO
PERIKSA -Tampak pegawai dari BKD sedang memeriksa kelengkapan kendaraan, Selasa 8 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG - Bidang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Badan Keuangan Daerah (BKD), Kabupaten Manggarai Timur, melakukan pemeriksaan kendaraan barang milik daerah yakni kendaraan dinas baik kendaraan mobil maupun sepeda motor.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Barang Milik Daerah, BKD Kabupaten Manggarai Timur, Laurensius Yolandus Liontas, SST.,Par, kepada TRIBUNFLORES.COM, Selasa 8 Frebuari 2022, menjelaskan, pemeriksaan kendaraan dinas ini berlangsung dari tanggal 7 sampai 21 Februari 2022.

Dengan setiap hari dilakukan pemeriksaan untuk lima perangkat daerah.

Dikatakan Liontas, adapun kendaraan dinas yang diperiksa tiga kategori yakni,
pemeriksaan kelengkapan kendaraan perorangan dinas, kendaraan dinas jabatan dan kendaraan dinas operasional.

Baca juga: Ruas Jalan Provinsi Mbay-Riung di Flores Mulai Dikerjakan

 

Adapun kelengkapan yang diperiksa yakni tipe kendaraan, nomor rangka, nomor mesin, nomor polisi, nomor BPKB, Tahun pembuatan kendaraan, kondisi kendaraan, STNK, dan SK pemakai/pengguna barang.

Liontas juga mengatakan, dari sisi pelaporan barang milik daerah di neraca, kalau kendaraan rusak maka masuk dalam kategori aset lain-lain. Namun, kalau kendaraan dalam keadaan baik maka dimasukan dalam aset tetap.

Liontas juga menjelaskan, tujuan pemeriksaan terhadap barang milik daerah ini dalam rangka penertiban dan pengamanan barang milik daerah. Selain itu, pemeriksaan ini juga dilakukan guna mengamankan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah.

Baca juga: 2 ASN dan 1 Mantan Pejabat Jadi Tersangka Dugaan Tindak Pidana Korupsi Pengelolaan Aset Pemda

"Jadi bukan karena ditemukan kenjanggalan, tetapi memang tujuanya itu pemeriksaan terhadap barang milik daerah ini dalam rangka penertiban dan pengamanan barang milik daerah. Selain itu, pemeriksaan ini juga dilakukan guna mengamankan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah,"tutupnya. (*)

Berita Manggarai Timur Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved