Berita Ende

Warga Binaan Lapas Ende Ikut Sosialiasi Pembuatan Kompor Berbahan Bakar Olahan Sampah

Warga Binaan diajari bagaimana mengolah sampah biomassa, seperti ranting kayu, dedaunan, limbah pertanian dan rumah tangga, menjadi pellet.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ORIS GOTI
SOSIALISASI - Antonius Jawa Gili, Kepala Lapas Kelas II B berdiskusi dengan Umar Hamdan ketua Acil Ende, di Aula Lapas Kelas II B, Sabtu 12 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM, ENDE - Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ende mengikuti sosialisasi inovasi kompor berbahan bakar olahan sampah di Aula Lapas Ende, Sabtu 12 Februari 2022.

Inovasi ini dikembangkan oleh startup company comestoarra.com bekerjasama dengan Organisasi Anak Cinta Lingkungan (Acil) Ende ini sudah mulai dikembangkan di Ende sejak 2020 lalu.

Warga Binaan diajari bagaimana mengolah sampah biomassa, seperti ranting kayu, dedaunan, limbah pertanian dan rumah tangga, menjadi pellet.

Pellet inilah yang kemudian menjadi bahan bakar kompor. Mereka juga belajar membuat kompor dari tanah liat. Selain dari tanah liat bisa juga dari bahan plat.

Baca juga: 2 Jenazah Warga Adonara yang Tewas Tenggelam Tiba di Flores Timur

 

Inovasi ini merupakan salah implementasi dari Teknologi Olah Sampah di Sumbernya (TOSS) yang digagas oleh startup company comestoarra.com.

Inovasi kompor berbahan bakar olahan sampah ini, memiliki banyak manfaat yakni sebagai solusi permasalahan, lebih hemat dan solusi atas kelangkaan minyak tanah.

Selain untuk bahan bakar kompor, pellet juga dimanfaatkan untuk co-firing batu bara di PLTU Ropa.

Antonius Jawa Gili, Kepala Lapas Kelas II B Ende, mengapresiasi inovasi TOSS.

Antonius berharap Lapas Ende bisa menjadi pusat edukasi TOSS sehingga Lapas Ende bisa menghasilkan beragam produk yang kemudian menjadi produk unggulan Lapas Ende.

"Saya sangat berharap kerja sama ini bisa terus kita lanjutkan sehingga nantinya Lapas Ende bisa menjadi tempat edukasi," kata Antonius.

Baca juga: BREAKING NEWS: Polisi Bekuk Preman di Kota Ende, Garang Depan Korban, Tak Berkutik Saat Ditangkap

Menurutnya inovasi yang dibawa oleh startup company comestoarra.com dan Acil Ende tentunya sangat bermanfaat.

Antonius mengatakan, Lapas Ende sendiri berkomitmen setiap warga binaan selama berada di Lapas Ende terus dibekali dengan beragam keterampilan sehingga ketika kembali ke masyarakat meraka bisa membawa sesuatu yang berguna dan bermanfaat. (*)

Berita Ende Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved