Berita Maumere

Kadis Pertanian Sikka Tinjau Kebun Warga yang Terserang Hama Tikus di Talibura

Yoseph menawarkan program "Tanam serempak" seperti yang sudah ia lakukan di daerah persawahan Nangahale, Kabupaten Sikka.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / NOFRI FUKA
TINJAU- Kadis Pertanian, Jimmy Sadipun, bersama camat Talibura dan Staf PPL dan Petugas UPT, saat meninjau kebun milik warga yang terdampak hama tikus di Dusun Kampung Baru, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Kamis 17 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Yohanes Emil Satriawan meninjau langsung lokasi perkebunan jagung dan padi milik warga yang terserang hama tikus di Dusun Kampung Baru, Desa Talibura, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Kamis 17 Februari 2022, pukul 10.00 Wita.

Didampingi oleh Camat Talibura, Laurensius Lilo S.Sos, bersama Staf penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan petugas unit pelaksana teknis (PUPT) se-Kecamatan Talibura, Kadis Pertanian terjun langsung bertemu warga dan meninjau setiap kebun yang terdampak hama tikus di lokasi.

Pria yang akrab Jimmy Sadipun, dalam penyampaiannya menegaskan, pemerintah selalu berupaya dengan berbagai cara dan berpedoman pada hal teknis menangani kasus seperti ini.

Ia menyampaikan, dari hasil pantauan hari ini, presentase kerusakan tanaman milik warga ada yang 50 %, 40 %, maupun ada yang hanya terkena di pingir-pinggir kebun, namun dari perhitungan secara teknis itu berbahaya dan terancam oleh karena itu Kadis mengajak Staf dan Camat untuk turun ke lokasi tersebut.

Baca juga: Binda NTT Kembali Gelar Vaksinasi, Sasar Ratusan Anak dan Pelajar di Flores Timur

 

Dalam kesempaan yang sama, staf penyuluh pertanian dan petugas unit pelaksana teknis yang hadir saat itu juga memberikan penyuluhan terkait hama tikus yang menyerang kebun padi dan jagung milik warga tersebut kepada warga pemilik kebun yang terdampak hama tikus.

Petugas BPP, Yoseph Tote, menidaklanjuti penyuluhan yang diberikan kepada warga, memberikan penegasan bahwa, masalah hama tikus yang terjadi setiap tahun ini harus diatasi.

Yoseph menawarkan program "Tanam serempak" seperti yang sudah ia lakukan di daerah persawahan Nangahale, Kabupaten Sikka.

"Saya menghimbau kepada kita supaya adakan program tanam serempak, seperti di Nangahale itu sudah kita lakukan, kenapa disini tidak bisa?,"ungkapnya.

Camat Talibura, Laurensius Lilo, juga menyampaikan pemerintah kecamatan selalu siap dalam menangani kasus seperti ini, tentunya juga bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten maupun masyarakat.

Baca juga: Umat Paroki Beokina di Manggarai Ikut Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kadis Pertanian juga mempertegas dengan menghimbau masyarakat supaya selalu ikuti setiap sosialisasi yang diberikan, ia juga menghimbau supaya bekerja sama dalam menangani hama tikus tersebut.

Pada saat itu, Kadis Pertanian juga memberikan bantuan obat pengusir hama tikus kepada warga pemilik kebun untuk segera diatasi hal tersebut yang diterima secara simbolis oleh Camat Talibura dan diberikan kepada salah satu warga yang hadir, Jimmy Sadipun sapaan akrab dari Kadis Petanian Sikka ini, juga memberikan pengarahan kepada warga agar menggunakan obat yang diberikan pemerintah secara baik dan benar.

"Gunakan baik-baik agar tidak terbuang sia-sia obat pengusir hama ini,"pesan dia. (Cr1)

Berita Maumere Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved