Berita Ende

Pertama di Indonesia, Gereja St. Donatus Bhoanawa Ende Dibangun dari Limbah Batu Bara

Gayung bersambut, di 2021 ini Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan PP Nomor 22, yakni mengeluarkan Faba PLTU dari limbah B3 menjadi limbah non B3.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ORIS GOTI.
LIMBAH BATU BARA - Bangunan Gereja Paroki Santo Donatus Bhoanawa yang dibangun dengan limbah Batu Bara di Kabupaten Ende, Kamis 17 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM, ENDE - Bangunan gereja Katolik Santo Donatus Bhoanawa di Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi bangunan gereja pertama di Indonesia yang dibangun menggunakan bata interlock berbahan limbah batu bara atau Faba.

Pembangunan gedung gereja tersebut masih sedang berjalan dan sudah menghabiskan kurang lebih 40 ribu bata interlock Faba. Pembagunan gereja Santo Donatus Bhoanawa ditargetkan rampung di tahun 2022 ini.

Pembangunan gedung gereja Paroki Santo Donatus Bhoanawa dimulai pada 2020. Awalnya pembangunan gedung gereja tersebut menggunakan bata merah. Kemudian di akhir 2020, dilanjutkan menggunakan bata interlock Faba, saat progres pembangunan baru mencapai 40 persen.

Sejak awal pembagunan gereja ini, juga mendapatkan dukungan berupa dana, material dan tenaga dari umat lintas agama.

Baca juga: Bayi Penderita Hidrosefalus Dirawat di RSUD Bajawa, Butuh Uluran Tangan Donatur

 

Bata interlock yang digunakan diproduksi di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Ropa yang di berada di Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende. Pemanfaatan Faba menjadi bahan konstruksi bangunan, juga baru mulai dikerjakan di 2020.

Inovasi pemanfataan Faba di PLTU Ropa, dikerjakan oleh PT. PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Flores yang membawahi PLTU Ropa. Produk Faba, seperti bata interlock menjadi Corporate Social Responsibility (CSR) atau sebagai tangung jawab dan kepedulian sosial PLN.

Ide pemanfaatan Faba menjadi bahan konstruksi, datang dari Lambok Siregar, Manager PLN UPK Flores, yang kemudian, diminta oleh Bupati Ende, Djafar Achmad, agar Faba dimanfaatkan untuk pembangunan di Kabupaten Ende.

PLN UPK Flores telah melakukan uji coba untuk membuat bata interlock, paving block telah diuji di laboratorium (Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan dinyatakan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved