Breaking News:

Berita Maumere

Cegah Kerugian, Perajin Tahu dan Tempe di Maumere Sikka Naikkan Harga

Keputusan ini diambil oleh para perajin dan pedagang di Sikka untuk mencegah kerugian dan tetap mempertahankan efektifitas jual beli Tempe dan Tahu.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/NOFRI FUKA
PABRIK TAHU - Tahu di rumah pabrik Bintang Jaya, Bolawolon, Kecamatan Kewapante, Maumere Kabupaten Sikka, Senin 21 Februari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Harga jual Tempe dan Tahu di Maumere Kabupaten Sikka melambung, baik di tempat produksinya maupun di pasar.

Keputusan ini diambil oleh para perajin dan pedagang di Sikka untuk mencegah kerugian dan tetap mempertahankan efektifitas jual beli Tempe dan Tahu.

Pemilik tempat produksi Tempe dan Tahu, "Bintang Jaya" Aris Setiawan, mengaku ia menaikkan harga Tahu, yakni dari 2 potong dihargai Rp.5000 menjadi 1 potong tahu dihargai Rp.3000.

"Sebenarnya harga tahu dan tempe ini sudah mulai meningkat mulai awal Januari secara pertahap hingga sampai pada tahap ini yakni Tahu perpotong Rp.3000, namun untuk Tempe tidak dinaikkan harganya dan hanya dikurangi jumlah produksinya saja, hal ini kita lakukan supaya disesuaikan harga ongkirnya, kitakan ambil kedelainya dari Surabaya, apalagi penjualannya juga mengalami penurunan, mau tidak mau kita harus sikapi,"ungkap Aris saat dijumpai TRIBUNFLORES.COM Senin 21 Februari 2022.

Baca juga: Pagar RSD Aeramo di Nagekeo Roboh Diterjang Banjir

 

Usahan Tahu dan Tempenya beralamat di Bolawolon, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka.

Ia juga menceritakan, akhir-akhir ini, semenjak adanya perubahan harga Kedelai, dan penetapan harga tahu yang dinaikkan, presentase para pelanggan yang berkunjung ke tempat usahanya mengalami penurunan atau tak seperti biasanya.

"Memang akhir-akhir ini agak berkurang para pelanggan yang berkunjung, tak seperti biasanya, pelanggan tetap kita di pasar juga mengeluh karena harga tahu dinaikkan, sebab Tahu yang diberi kadang-kadang lama lakunya, atau terjual, kita juga tidak bisa apa-apa hanya suruh supaya bersabar saja," ujarnya.

Lanjutnya, di Sikka masih bisa dijangkau, kalau ditempat lain malah lebih mahal, macam di Larantuka, harga perpotong saja Rp.5000 yang paling murah di Ende harga tahu perpotong Rp.1000.

Baca juga: Anies Baswedan Angkat Sosok Legendaris Tanah Abang Jadi Tenaga Ahli Dirut Perumda Pasar Jaya

Ia juga sudah berkoordinasi dengan teman-teman pengusaha yang lain yang bekerja di industri pembuatan Tahu dan Tempe di Sikka untuk menyikapi harga pasar yang meningkat akhir-akhir ini.

Ia juga berharap harga kedelai kembali normal seperti biasa, sehingga aktivitas produksi maupun jual beli kembali lancar seperti biasanya. (Cr1).

Berita Maumere Lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved