Berita Manggarai

Dinas Perikanan dan Kelautan Manggarai Dorong Pemberdayaan Masyarakat untuk Pelihara Ikan

Sebab, budidaya ikan merupakan salah satu upaya untuk menekan angka stunting di kabupaten Manggarai karna ikan memiliki protein yang tinggi

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ CHARLES ABAR
Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Manggarai, Hendrik Syukur 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM, RUTENG - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manggarai, Hendrik Syukur, menyebutkan menyiapkan beberapa program prioritas tahun 2022 yang akan fokus pada pemberdayaan bibit ikan bagi masyarakat di Manggarai.

Hendrik mengatakan akan mendorong beberapa kelompok masyarakat agar memproduksi ikan lewat pemberdayaan.

Sebab, budidaya ikan merupakan salah satu upaya untuk menekan angka stunting di kabupaten Manggarai karna ikan memiliki protein yang tinggi,

"Tahun 2022 ini kita fokusnya balai benih ikan. Ada tiga BBI kita, yaitu di KA, Rowang dan Ponggeok. Masyarakat juga diharapkan untuk memelihara ikan,karena protein ikan bisa mengurangi stunting,"Ungkap Kadis Hendrik Kepada TRIBUNFLORES.COM, Senin 21 Februari 2022 siang.

Baca juga: Tuntut Stabilitas Harga Kedelai, Perajin Tahu Tempe di Mulai Mogok Produksi

Selain itu kata dia, Dinas Perikanan dan Kelautan Manggarai akan menyiapkan freezer untuk membantu pedagang pasar Inpres Ruteng mengantisipasi pembusukan ikan.

"Tahun ini kita kita akan menyiapkan freezer untuk menampung berbagai jenis ikan di pasar inpres Ruteng untuk mengantisipasi pembusukan Ikan sehingga pada saat jual dalam kondisi fress,"ungkapnya.

Sementara itu dalam konsep pembedayaan benih ikan bagi masyarakat akan dilakukan program memproduksi benih dengan pemanfaatkan lahan masyarakat.

"Untuk mendekatkan kita pada paguyuban pemberdayaan benih masyarakat, kita akan menggunakan lahan warga untuk memproduksi benih,salah satunya nanti kita coba di kecamatan Langke rembong,"ungkapnya.

Sementara persiapan benih ikan ini akan diserahkan dalam bentuk kelompok,setiap kelompok pemberdayaan terdiri dari sepuluh orang.

"Syarat mutlak dalam pemberdayaan ikan ini harus memiliki kelompok,kemudian dilokasi yang harus mereka budidaya ikan itu memiliki pasokan air yang kontinu,"Tutup Dia. (Cr2).

Berita Manggarai Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved