Berita Manggarai Timur

Vaksin Dosis I Disebut akan Diulang, Ini Kata Kadinkes Manggarai Timur

Dokter Tintin juga mengakui, selama ini tidak ada kendala terkait pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
PANTAU - Bupati Manggarai Timur Andreas Agas dan Kapolres Matim AKBP Nugroho Arie Siswanto, saat memberikan motivasi terhadap anak-anak sebelum divaksin di Aula Gereja St Gregorius Borong, Jumat 14 Januari 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG - Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan RI, sebanyak 2,4 jiwa penduduk di Indonesia akan divaksin Covid-19 ulang dosis 1.

Hal ini dikarenakan sudah lebih dari enam bulan belum menerima vaksin dosis 2.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, dr Surip Tintin, ketika dikonfirmasi TRIBUNFLORES.COM, Senin 21 Frebuari 2022, mengatakan, pihaknya belum menerima surat resmi dari Kemenkes RI terkait vaksin ulang dosis 1 akibat keterlambatan lebih dari 6 bulan belum menerima dosis 2.

"Belum ada surat resminya ke kami. Kami tunggu ada surat perintah resmi untuk itu,"ungkapnya.

Baca juga: Mengenal Taman Baca Masyarakat Pelangi Topak di Manggarai

 

Menurut dr Tintin, jika ada masyararakat Manggarai Timur yang vaksin ulang dosis 1 itu bukan kesalahan Dinas Kesehatan, namun itu kesalahan pemerintah pusat karena terlambat menyalurkan vaksin. "Itu kesalahan pusat karena terlambat kasih vaksin,"ungkapnya.

Dokter Tintin juga menjelaskan, jarak antara pemberian vaksin dosis 1 ke dosis 2 itu seharusnya maksimal 30 hari. Sedangkan untuk vaksin booster setelah dosis 2.

Dokter Tintin juga mengakui, selama ini tidak ada kendala terkait pemberian vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Masyarakat sudah sadar untuk ikut vaksin.

Ia juga mengatakan, dalam rangka mempercepat vaksinasi Covid-19, dilakukan kerja sama lintas sektoral tingkat kecamatan dan desa untuk mobilisasi masyarakat kumpul di lokasi vaksinasi sesuai jadwal. Selain itu, membentuk tim pendukung dari kabupaten untuk lokasi sulit jangkauan dan cakupan rendah.

Dokter Tintin juga menjelaskan terkait prosesntasi vaksinasi sampai dengan tanggal 19 Frebuari 2022, dimana untuk dosis 1 seebanyak 76,27 persen, untuk dosis 2 sebanyak 49,88 persen dan vaksin dosis 3 atau booster sudah 4,25 persen.Target booster yang dosis dua di bulan Juli sebanyak 6.528 dosis. (*)

Berita Manggarai Timur Lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved