Berita Manggarai

Kisah Perempuan di Flores, Dirikan Rumah Baca hingga Jadi Tukang Ojek untuk Biayai Kegiatan Literasi

Liany rela menjadi tukang ojek untuk membiayai kegiatan di rumah baca woang. Hal ini dilakukan liany demi anak-anak di desanya. Lianya sangat baik.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/CHARLES ABAR
RUMAH BACA - Kegiatan Rumah Baca Woang di Desa Terong, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupten Manggarai NTT, Sabtu 5 Maret 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM, RUTENG - Lulus luliah sejak dua tahun lalu, Yuliana Ida langsung mengabdikan diri bagi anak-anak sekolah di Kampung Woang, Desa Terong, Kecamatan Satar Mesa Barat, Kabupaten Manggarai di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Ia mulai menggerakan literasi bagi anak-anak di desanya.

Satu diantara yang ia lakukan adalah mendirikan Rumah Baca Woang.

Perempuan yang akrab disapa Liany ini berkisah tentang awal mula Rumah Baca Woang hadir di desanya.

Baca juga: Mengenang Damianus Wera, Ubah Tisu Menjadi Foto Hitam Putih

 

Liany menuturukan, pandemi Covid 19 melumpuhkan sendi-sendi kehidupan masyarakat, tak luput pula dunia pendidikan di Manggarai yang memaksa anak sekolah di semua jenjang harus belajar dari rumah.

Melihat kondisi demikian, Liany sapaan akrabnya berinisiatif mengumpulkan anak-anak sekolah bahkan yang tidak sekolah di kampung Woang untuk mengisi waktu dengan belajar bersama.

"Awalnya pada tahun lalu karena pandemi Covid 19, banyak anak-anak di kampung saya libur dan harus belajar dari rumah. Mereka sering datang kerumah walau sekedar mengerjakan pekerjaan rumah. Awalnya satu dua tiga orang,lama-lama banyak juga yang ngumpul belajar bersama,"ungkap lulusan Universitas Dwijendra Denpasar Bali ini saat dijumpai TRIBUNFLORES.COM, Sabtu 5 Maret.

Anak Woang sedang belajar di Rumah Baca Woang Desa Terong
BELAJAR - Kegiatan Rumah Baca Woang di Desa Terong, Kecamatan Satarmese Barat, Kabupten Manggarai NTT, Sabtu 5 Maret 2022.

Liany sudah satu tahun berada di kampungnya, dunia Literasi bukan hal baru bagi dia, semasa kuliah kerap kali menjadi penggerak Literasi di komunitasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved