Breaking News:

Berita Ende

Rumah Suku Zena di Ende Dibuat dari Kayu Ulin dan Bengkirai Kalimantan

Kayu Ulin dan Bengkirai, dikirim oleh para keturunan Suku Zena yang merantau dan bekerja di Pulau Kalimantan.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ORIS GOTI
PESONA - Rumah Suku Zena di Kelurahan Roworena, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Jumat 11 Maret 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM, ENDE - Sebuah rumah terbuat dari kayu Ulin dan Bengkirai berdiri kokoh di perbukitan di Kelurahan Roworena, Kecamatan Ende, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rumah tersebut merupakan rumah keluarga besar Suku Zena, yang dibangun kembali pada 2018 silam menggunakan kayu Ulin dan Bengkirai dari Pulau Kalimantan.

Kayu Ulin dan Bengkirai, dikirim oleh para keturunan Suku Zena yang merantau dan bekerja di Pulau Kalimantan.

Baca juga: Warga di Sikka Susah Akses Air Bersih, Ini Penjelasan Kepala PDAM Nita

 

Rumah dan tanah tersebut merupakan warisan dari Embu Nggobhe Nggedhe, leluhur Suku Zena, sehingga rumah tersebut dinamai 'Sao Mere Tenda Zewa Embu Nggobhe Nggedhe'.

Rumah Suku Zena ini mencuri perhatian para wisatawan domestik maupun manca negara yang berkunjung ke Ende, sebab, letaknya sangat strategis, berada di ketinggian.

Tidak hanya itu, Suku Zena sangat tradisional, pada dinding - dinding rumah menempel fosil hewan, seperti kepala rusa dan kerbau. Kayu Ulin dan Bengkirai tentunya juga menjadi daya tarik tersendiri.

Rumah tersebut berdiri di atas tanah datar, berbentuk lingkaran, yang mana di tengah ada sebuah pelataran dan tugu yang tersusun dari bebatuan ceper berwarna cokelat dan hijau muda.

Pelataran batu tersebut merupakan makam para leluhur Suku Zena. Setiap tahun, para keturunan Suku Zena yang masih hidup melaksanakan ritual adat memberikan sesajian di pelataran batu tersebut.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved