Semana Santa

Polemik Festival Semana Santa, Bupati Flores Timur Surati Kementerian Pariwisata

Dimasukannya Semana Santa menjadi sebuah festival ini menuai penolakan dari umat Katolik di Kota Larantuka.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/AMAR OLA KEDA
PATUNG - Patung Mater Dolorosa yang berada di taman kota Larantuka yang menjadi salah satu lokasi doa umat Katolik, Kamis 24 Maret 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUNFLORES.COM, LARANTUKA - Pemerintah Daerah Flores Timur telah menyurati pihak kementerian pariwisata untuk mempertimbangkan penggunaan istilah festival bagi ritual keagamaan Semana Santa di Kota Larantuka yang menuai polemik di tengah masyarakat.

"Saya selaku bupati, sudah menyurati kementerian untuk dipertimbangkan kembali soal nomenklatur festival. Saya minta agar dirubah tidak lagi pakai festival," ujar Bupati Flores Timur, Antonius Gege Hadjon kepada wartawan, Kamis 24 Maret 2022.

Menurut dia, penggunaan kata festival Semana Santa hanyalah nomenklatur pihak kementerian setelah Semana Santa dimasukan ke dalam Kharisma Even Nusantara (KEN) tahun 2022.

Baca juga: Pemda Flores Timur Terima Piagam Penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM

 

Meski demikian, ia mengaku secara pribadi sudah menolak Semana Santa disebut sebagai sebuah festival.

"Apakah dengan kata festival lalu Semana Santa berubah menjadi pesta? Tidak sama sekali. Ini hanya nomenklatur saja. Sejak 2018 lalu saya sudah tolak pakai kata festival. Tapi kan ini keputusan kementerian. Tidak ada perubahan apapun untuk Semana Santa yang selama ini sebagai icon pariwisata Flotim," katanya.

"Kita ini hidup di dalam sebuah negara. Apa yang kita lakukan negara wajib tau. Mereka mau menyebut apapun, Semana Santa tetap Semana Santa, tidak bisa dirubah," tegasnya.

Dalam acara peluncuran Kharisma Even Nusantara (KEN) 1 Maret 2022, Kementrian Pariwisata telah menetapkan Semana Santa sebagai sebuah festival bersama beberapa icon wisata provinsi lain.

Baca juga: Tenda di Pasar Alok Maumere Ditertibkan, Pedagang Mengeluh, Ini Respon Kabid Perdagangan

Untuk Provinsi NTT, selain Semana Santa, juga ada festival dugong Alor, festival parade pesona kebangsaan Kabupaten Ende, festival atraksi budaya pah Meto kabupaten TTS dan Wolobobo Ngada festival.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved