Wisuda Unipa Angkatan XVI

UNIPA Indonesia Wisudakan 428 Lulusan, Rektor Bilang UNIPA Akreditasi Baik Sekali

Dr. Angelinus menyebutkan Universitas Nusa Nipa dalam usia 16 tahun telah menghasilkan 5.625 orang lulusan sarjana dan diploma.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/GG
SAMBUTAN - Rektor Unipa Indonesia, Dr.Ir Angelinus Vincentius, M.Si saat membawakan sambutan pada wisuda angkatan XVI di Aula Nawa Cita Kampus Unipa di Maumere Kabupaten Sikka, Jumat 25 Maret 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Universitas Nusa Nipa (Unipa) Indonesia di Maumere Kabupaten Sikka menggelar wisuda sarjana dan diploma angkatan XVI tahun akademik 2021/2022.

Prosesi wisuda digelar di Auditorium Nawa Cita Kampus Unipa Indonesia, Jalan Kesehatan Kelurahan Beru Kecamatan Alok Timur, Jumat 25 Maret 2022.

Rektor Unipa Indonesia, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si mengajak semua hadirin untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa pada acara Wisuda Universitas Nusa Nipa Angkatan XVI Tahun Akademik 2021/2022 di Auditorium Nawa Cita.

Baca juga: Susteran Gembala Baik Ruteng Fokus Pemberdayaan Bagi Kaum Perempuan

 

Dr. Angelinus menyebutkan wisuda UNIPA angkatan XVI menjadi amat istimewah karena dihadiri secara langsung oleh Dr. Lukman, ST., M.Hum, Direktur Kelembagaan, pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Dr.Angelinus menyampaikan atas nama civitas akademika UNIPA, dengan penuh syukur
mempersembahkan 428 orang Sarjana dan Diploma, dari 18 program studi, dengan perincian : S1 Keperawatan 40 orang, Teknik Informatika 16 orang, Teknik Sipil 15 orang, Teknik Arsitektur 2 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 76 orang, Pendidikan Fisika 3 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 14 orang, Pendidikan Biologi 20 orang, Pendidikan Kimia 6 orang, Agroteknologi 45 orang, Agribisnis 11 orang, Manajemen Sumberdaya Perairan 17 orang, Ilmu komunikasi 4 orang, Psikologi 5 orang, Akuntansi 66 orang, Manajemen 77 orang, Hukum 4 orang, dan D III Keperawatan 5 orang.

Dr. Angelinus menyebutkan Universitas Nusa Nipa dalam usia 16 tahun telah menghasilkan 5.625 orang lulusan sarjana dan diploma, dan kini telah menekuni berbagai profesi termasuk berwirausaha.

Baca juga: Dari Boganatar Sampai Mauloo, Halehebing Hingga Palue, Mgr. Edwaldus Ajak Umat Sukseskan Sinode

"Kami ucapkan Selamat kepada para Wisudawan, semoga ilmu yang telah diperoleh dapat dikembangkan di tengah masyarakat untuk kebaikan bersama (bonum commune), semoga mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Ucapan selamat dan turut berbahagia, juga kami sampaikan kepada bapak dan ibu, para orang-tua, Wali dan segenap keluarga wisudawan, karena segala dukungan, perjuangan, kerja-keras dan doa Bapak–Ibu sekalian telah berhasil menghantarkan putra-putrinya meraih kesuksesan,"ujarnya.

Ia menyebutkan tema acara wisuda ke-16 adalah “Merdeka belajar bagi generasi abad 21 :
berpikir kritis, berkarakter, berkolaborasi, komunikatif, dan kreatif”.

Universitas Nusa Nipa (UNIPA) yang disebut dengan nama brand Universitas Nusa Nipa Indonesia di Maumere, sedang mengembangkan kebijakan Merdeka Belajar, sesuai kebijakan Kemendikbud-ristek tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Kata dia, program MBKM dimaksudkan sebagai program persiapan karier yang komprehensif bagi lulusannya. Tujuannya untuk mendorong mahasiswa dapat menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Baca juga: Jokowi Kesal Indonesia Impor CCTV, Sepatu Tentara hingga Seragam Polisi

Ia menerangkan mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil sesuai passion dan niat serta keinginan untuk bergelut di bidang apa nanti setelah lulus kuliah.

"Hal ini selaras dengan moto dan nilai utama UNIPA, Non Scholae Sed Vitae Discimus, yang bermakna kita belajar bukan hanya untuk sekolah atau nilai-nilai yang menjadi standar umum perguruan tinggi, melainkan juga terutama untuk hidup,"ujarnya.

Ia mengatakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejatinya adalah untuk hidup dan kehidupan, yang juga dimaknai sebagai niat, kemauan dan komitmen untuk terus belajar.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved