Berita Manggarai

BMKG Ruteng Minta Media Massa Berkolaborasi Sebarkan Informasi Resmi Terkait Bencana

Kegiatan berlangsung di Kantor BMKG Ruteng Jalan, Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Selasa 29 Maret 2022.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/ CHARLES ABAR
SOSIALISASI- Kepala stasiun BMGK Ruteng, Decky Irmawan saat menyampaikan materi didepan awak media, di Kantor BMGK Ruteng pada Selasa 29 Maret 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM, RUTENG - Badan Meteorologi,Klimatologi , Geofisika (BMKG) Ruteng menyakini kolaborasi semua pihak menjadi hal yang sangat penting dalam mengantisipasi peringatan dini dan aksi dini untuk mengurangi resiko bencana.

Hal itu disampaikan kepala stasiun BMGK Ruteng, Decky Irmawan dalam sosialisasi dengan awak media dalam rangka membangun kolaborasi dalam mengantisipasi terjadinya resiko bencana.

Kegiatan berlangsung di Kantor BMKG Ruteng Jalan Satar Tacik, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Selasa 29 Maret 2022.

Baca juga: Warga Danibao Merindukan SMK Pertanian Adonara Barat, Serahkan Lahan 1,5 Hektar

 

"Untuk memudahkan masyarakat memang kita butuh kolaborasi, baik media, pemerintah, pelaku usaha, dan teknisi untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri," ungkap Decky saat memberikan penjelasan kepada sejumlah awak Media.

Peran media sangat penting dalam desiminasi peringatan dini, yaitu mencakup tiga hal penting antara lain peraturan menkomimfo terkait peringatan tsunami dan bencana lainnya.

"Ketika terjadi bencana media diharapkan sesegera mungkin menyebarkan informasi, dan kami juga cepat memberikan informasi kepada media," ungkap Irmawan.

Informasi peringatan dini merupakan faktor kunci penting untuk menghubungkan kesiap siagaan dan tanggap darurat.

Baca juga: Cerita Sukses Nona Timu, Lulusan Terbaik Unipa Indonesia di Maumere

Kata dia, dengan penyebaran informasi yang resmi sehingga semua stoke holder mampu menjadi rujukan dalam mengambil sebuah keputusan lebih khusus keamanan dan keselamatan dari masyarakat itu sendiri.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved