Berita Sikka

Petani Garam di Nangahale Sikka Kesulitan Garam Kasar

Puluhan petani garam di Desa Nangahale,Kecamatan Talibura kesulitan mendapatkan bahan baku garam kasar yang didatangkan dari Provinsi NTB.

Editor: Egy Moa
TRIBUNFLORES.COM/NOFRI FUKA
Petani garam di Desa Nangahale, Kecamatan Talibura memasak garam. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, NOFRI FUKA

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Sebanyak 53 petani garam tradisional di Desa Nangahele, Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka, Pulau Flores kesulitan memperoleh bahan baku garam kasar.

Pasalnya untuk memperoleh bahan baku garam kasar, petani garam harus mengeluarkan biaya Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu untuk membeli bahan baku garam kasar dari Bima, NTB..

"Kami kesulitan mendapatkan bahan baku seperti garam kasar, kayu api, tempurung semua mahal. Sedangkan harga jual garam di pasar relatif murah. Kami hanya untung sedikit untuk makan" ujar Habiba kepada media ini Kamis pagi  31 Maret 2022..

Menurut, Habiba(62)  kadar asin air yang tersedia di lokasi produksi garam sangat rendah, sehingga harus dicampur dengan garam kasar dari Bima. Kalau tidak dicampur, maka keasinan garam kurang.

Baca juga: Kasus 17 Anak Korban TPPO di Sikka Mandek Sembilan Bulan

"Garam halus kami jual di Pasar Geliting dan Pasar Talibura seharga Rp 250 ribu sampai Rp 300 ribu per karung," ujarnya

Hal senada juga dikatakan Maise(67),menuturkan bahwa memasak garam secara tradisional oleh masyarakat Nangahale sudah dilakoni sejak lama.

Ia mengakui bersama puluhan petani garam tradisional lainnya menggeluti pekerjaan sebagai petani garam sejak tahun 1993 silam. Namun sampai saat ini belum mendapat sentuhan modal usaha dari pemerintah.

Petani garam tradisional Nangahale berharap pemerintah memperhatikan nasib petani garam di Nangahale, karena tidak memiliki lahan untuk kerja kebun. Hanya berharap garam dan nelayan.

Berita Sikka lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved