Ramadhan 2022

WBP Muslim di Rutan Maumere Gelar Sholat Tarawih dan Buka Puasa Bersama

Anton menegaskan bahwa negara selalu hadir dalam memberikan apa saja yang dibutuhkan masyarakatnya.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-RUTAN MAUMERE
SHOLAT TARAWIH - Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Muslim di Rutan Kelas IIB Maumere sedang melaksanakan sholat tarawih, di Rutan Maumere, Kelurahan Kota baru, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, Kamis 7 April 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Warga binaan pemasyarakatan (WBP) Muslim di Rutan Kelas IIB Maumere menyambut bulan Ramadhan dengan menunaikan Sholat Tarawih dan berbuka puasa bersama.

Kegiatan bersama tersebut dilaksanakan di dalam lapas kelas IIB Maumere terkhusus dalam blok yang telah disiapkan pihak petugas rutan, Kelurahan Kota baru, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Maumere, Antonius Semuki, mengungkapkan sebanyak 17 orang WBP yang beragama muslim diberi ruang tersendiri untuk menjalankan ibadah dan berbuka puasa bersama.

Baca juga: Nyaris Ambruk Jembatan Penghubung Tiga Desa di Nagekeo

 

"Mereka sekitar 17 orang, kita satukan dalam blok tersendiri yakni 2 kamar, sehingga pelaksanaan mereka lancar, dan yang perempuan itu mereka juga di blok lain karena tidak boleh gabung dengan laki-laki," ujar Anton kepada TribunFlores.com, Kamis 7 April 2022.

Anton menegaskan bahwa negara selalu hadir dalam memberikan apa saja yang dibutuhkan masyarakatnya.

"Biar bagaimanapun negara harus hadir ditengah tengah mereka kita juga beri ruang, maupun siapkan fasilitas untuk mereka," ujarnya.

Sedangkan WBP berinisial D yang beragama muslim, menyampaikan sudah 5 hari mereka menjalani ibadah dan berbuka puasa bersama di dalam Rutan Kelas IIB Maumere.

Menurutnya, pada pelaksanaan ramadhan kali ini mereka juga mengundang para pengkotbah dari luar untuk memberikan pengajaran (kultum) hampir tiap hari sehabis sholat tarawih.

"Yang bawakan khotbah itu dari luar, Jadi setiap habis sholat tarawih diisi oleh kultum dan sudah berjalan 5 hari," kata D.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham NTT Tampung 86 Narapidana Narkotika

Ia menjelaskan seperti tahun-tahun sebelumnya saat bulan ramadhan pihak dari kantor Rutan Kelas IIB Maumere juga memfasilitasi para WBP muslim.

"kalau ada buka itu ya, ditanggung oleh kantor dan keluarga juga," pungkasnya.

Untuk Takjil, kata D, baik dari kantor maupun keluarga juga menyiapkannya untuk mereka.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved