Hari Lahir Pancasila

Misi Pemda Ende Harapkan Presiden Tetapkan Ende Kota Rahim Pancasila

Upacara Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2022 di Ende akan dipimpin Presiden RI, Joko Widodo.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/NOFRI FUKA
Bupati Ende, H.Djafar H. Achmad, M.M, mengikuti parade pesona kebangsaan di Pelabuhan Soekarno, Kelurahan Mbongawani, Kecamatan Ende Selatan, Kabupaten Ende, Sabtu 28 Mei 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Oris Goti

TRIBUNFLORES.COM,ENDE-Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022  akan digelar terpusat secara luring dan daring di Kota Ende, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Presiden Jokowi dipastikan memimpin upacara akbar di Lapangan Pancasila, Kota Ende. Terkait hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mengeluarkan edaran Nomor 003.1/3510/polpum, 25 Mei 2022.

Pemerintah Kabupaten berkolaborasi dengan Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP), TNI dan Polri, juga sudah memastikan, bahwa persiapan menjelang upacara sudah rampung.

"Persiapan semua sudah rampung selebihnya, Tuhan yang akan melengkapi," kata Bupati Kabupaten Ende, Djafar Achmad, Senin 30 Mei 2022.

Baca juga: Marching Band SMPK Frateran Ndao Ende Membius Penonton Parade Pesona Kebangsaan

Bupati Djafar, menerangkan misi besar Pemerintah Kabupaten Ende dan seluruh masyarakat Kabupaten Ende menghadirkan Presiden ke Ende adalah ingin agar Ende sebagai Kota Rahimnya Pancasila.

Salah satu upaya agar misi ini tercapai, Pemerintah Kabupaten Ende, sejak 2017 lalu, mulai menggelar Parade Pesona Kebangsaan Napak Tilas Bung. Parade ini berisi tentang perjalan dan perjuangan Bung Karno selama di Ende.

"Kita memperjuangkan ini mulai dari kecil dan terus bertumbuh dan setelah Parade ini kuat kita laporkan ke Badan Ideologi Pembinaan Pancasila atau BPIP," terangnya.

Parade Pesona Kebangsaan Napak Tilas Bung Karno, kata Bupati Djafar, merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Ende sehingga pemerintah dan masyarakat sangat antusias.

Baca juga: Bupati Ende Bilang Persiapan Rampung Terima Presiden Merayakan Hari Lahir Pancasila

"Endingnya, satu hal yang mau kami sampaikan, sudilah kiranya Bapa Presiden menetapkan SK Presiden bahwa Ende itu betul - betul Rahimnya Pancasila. Jadi ada konek, lahir di Jakarta, mengandungnya di Ende," kata Bupati Djafar.

Warga Kabupaten Ende Antusias

Informasi mengenai kedatangan Presiden Jokowi ke Ende sudah beredar luas di masyarakat. Masyarakat sangat antusias menanti kedatangan Jokowi.

Pantauan TRIBUNFLORES.COM, sebulan terakhir ini, orang tua, anak muda bahkan anak - anak, begitu bersemangat dan lancar menjelaskan, kapan dan untuk apa Presiden Jokowi datang ke Ende.

Hal ini tidak terlepas dari kerja - kerja media pemberitaan, serta Pemerintah Kabupaten Ende yang rajin menginformasikan kepada masyarakat.

Baca juga: Parade Kebangsan Komitmen Warga Ende Menghormati Perjuangan Bung Karno

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved