Dampak Gelombang Rossby

BREAKING NEWS : Dampak Gelombang Rossby, Sejumlah Wilayah di Nagekeo Dilanda Banjir & Longsor

Dampak dari hal itu, sejumlah wilayah disana terkena bencana alam seperti di tiga kecamatan di bagian Selatan Kabupaten Nagekeo.

Editor: Gordy Donovan
ISTIMEWA
BANJIR - Jalan Putus di Podenura, Nangaroro, Nagekeo, Kamis 30 Juni 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Patrianus Meo Djawa

TRIBUNFLORES.COM, MBAY - Hujan deras disertai angin kencang menimpa wilayah pesisir selatan kabupaten Nagekeo sejak Minggu 26 Juni 2022.

Dampak dari hal itu, sejumlah wilayah disana terkena bencana alam seperti di tiga kecamatan di bagian Selatan Kabupaten Nagekeo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nagekeo sejak kemarin, Rabu 29 Juni 2022 setidaknya telah menerima 6 laporan pengaduan bencana langsung dari masyarakat.

Laporan pertama diterima pada Rabu, 29 Juni 2022 dari Desa Podenura, Kecamatan Nangaroro, dimana ruas jalan penghubung Maunori - Nangaroro tepatnya di Kali Dowodeke putus total setelah diterjang air yang mengalir dari arah perbukitan.

Baca juga: Cerita Mama Vina, Jual Garam di Sikka hingga Mampu Dirikan Rumah dan Beli Sebidang Tanah

 

Menyusul laporan tentang rubuhnya tembok penyokong Gereja Katolik St. Damian Wulu, di Desa Wuliwalo, longsor di sepanjang ruas jalan Kotakeo - Pusu Ua serta longsor di Desa Ladolima Utara serta bencana banjir di Desa Aewoe, di Kecamatan Mauponggo.

Laporan terbaru, banjir juga menerjang kali Padha Pae di Kecamatan Boawae dan bahkan jembatan Watudhoge di Kecamatan Mauponggo saat ini nyaris ambruk.

Jalan Putus di Podenura, Nangaroro
BANJIR - Jalan Putus di Podenura, Nangaroro, Nagekeo, Kamis 30 Juni 2022.

Menurut Nobertus Co'o, Kepala bidang kedaruratan dan Logistik di BPBD Nagekeo, penyebab bencana alam banjir dan tanah longsor yang menerjang wilayah selatan Kabupaten Nagekeo sebagai akibat dari gelombang ekstrim Rossby yang diprediksi akan terus melanda wilayah NTT sejak tanggal 29 Juni 2022 hingga 10 hari ke depan, sesuai surat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan geofisika dari stasiun Meteorologi El Tari Kupang.

Gelombang ekstrim Rossby diakui Nobertus tak masuk dalam pembahasan saat menggelar pertemuan bersama BPBD Provinsi NTT, pada 9 Juni 2022 lalu.

Baca juga: 43 Kontingen KORMI NTT Tampil di Festival Olahraga Rekreasi Nasional Palembang

"Kita hanya membahas antisipasi bencana kekeringan karena memang saat ini wilayah NTT sudah mulai masuk musim kemarau, " ujar Nobertus.

LONGSOR - Tembok Penyokong Gereja Katolik St Damian Roboh Usai Wilayah Desa Wuliwalo, roboh di Kecamatan Mauponggo akibat Hujan Deras selama dua hari, Kamis 30 Juli 2022.
LONGSOR - Tembok Penyokong Gereja Katolik St Damian Roboh Usai Wilayah Desa Wuliwalo, roboh di Kecamatan Mauponggo akibat Hujan Deras selama dua hari, Kamis 30 Juli 2022. (TRIBUNFLORES.COM / HP - BPBD NAGEKEO)

Karena pengaruh gelombang Rossby ini, BPBD Nagekeo menghimbau agar warga masyarakat umum selalu waspada di wilayah masing - masing.

Untuk sementara waktu, bila hujan masih terus berlangsung, warga diminta untuk melakukan evakuasi mandiri dengan menjauhi daerah - daerah yang berpotensi terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan saluran banjir.

Berita Bencana alam lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved