Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi dan Angin Kencang di Perairan NTT

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperingatkan potensi gelombang tinggi dan angin kencang yang akan melanda perairan NTT dua hari kedepan.

Editor: Egy Moa
DOK.TRIBUN
GELOMBANG TINGGI-Gelombang tinggi sedang menghantam wilayah pantai. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Irfan Hoi

TRIBUNFLORES.COM,KUPANG-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan terkait potensi gelombang tinggi di wilayah NTT dua hari kedepan. Prakiraan itu agar memberi peringatan bagi operator kapal dan warga di pesisir pantai agar waspada.

Kepala Stasiun Meterologi Maritim-Tenau Kupang, Syaeful Hadi, mengatakan ancaman gelombang tinggi dengan ketinggian 2-3,5 meter bakal melanda selat Sumba bagian selatan dan samudera Hindia selatan Sumba-Sabu.

Sedangkan, tinggi gelombang 1-2,5 meter terjadi di selat Sape bagian selatan, selat Sumba bagian Timur, laut Sawu, perairan selatan Kupang-Rote, dan samudera Hindia selatan Kupang-Rote.

Syaefulah mengharapkan, agar diperhatikan juga keselamatan pelayaran. Masyarakat juga diminta untuk tetap mewaspadai tinggi gelombang itu. Bagi warga yang berada di kawasan pesisir, agar lebih memperhatikan hal demikian.

Baca juga: Semarak HUT Bank NTT Serba Rp 60

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Selatan - Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 6 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 525 knot," jelas dia.

Menurutnya, kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Perairan selatan Jawa Bali hingga NTT, Perairan selatan Lombok, Selat Lombok bagian utara dan Laut Arafuru.

"Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m)," ujarnya.

Sementara itu, ASDP Cabang Kupang sendiri telah melakukan penjadwalan pelayaran untuk hari ini, Senin 11 Juli 2022. GM Usaha Hermin Welkis menginformasikan jadwal itu sebagai berikut:

Baca juga: Seorang Pria di NTT Ditemukan Tak Bernyawa dalam Rumahnya

KMP. LAKAAN
Kupang - Aimere - Waingapu PP
Pukul : 11.00 Wita

KMP. ILE LABALEKAN
docking
Pukul: - Wita

KMP. INERIE II
Larantuka - Kupang
Pukul: 13.00 Wita

KMP. Ranaka
Perawatan
Pukul : - Wita

KMP. CAKALANG II
Kupang - Hansisi PP
Pukul : 08.00
Kupang - Rote PP
Pukul: 09.00 Wita

KMP. Ile Mandiri
Lewoleba - Solor - Larantuka
(Port stay)
Pukul : 04.00 WITA

KMP. ILE APE
Menyesuaikan Jadwal
Pukul : - WITA

KMP. UMA KALADA
Perawatan
Pukul: - Wita

KMP. NAMPARNOS
Perawatan
Pukul : - Wita 

Berita NTT lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved