Berita Manggarai Timur

Hama Penyakit Serang Tanaman Pisang di Compang Ndejing,Manggarai Timur 

Kebanyakan petani di Desa Compang Ngejing,Kecamatan Borong,Kabupaten Manggarai Timur mengeluhkan serangan hama penyakit pada tanaman pisang.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
BERI KETERANGAN-Petani di Desa Compang Ndejing, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur memberikan keterangan terkait penyakit yang menyerang tanaman pisang.  

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM, BORONG-Para petani di Desa Compang Ndejing, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim) mengeluh tanaman pisang yang dibudidayakan mereka diserang penyakit. 

Antonius Tori salah seorang petani pisang setempat kepada TRIBUNFLORES.COM, Senin 11 Juli 2022 mengaku tidak mengetahui jenis penyakit apa yang menyerang tanaman pisang milik mereka itu. Jenis penyakit pada pisang ini baru muncul di tahun 2022 ini. 

"Kami tidak tahu penyakit apa ini, orang bilang katanya pisang kena virus, tapi virus apa kami tidak tahu. Ciri-ciri penyakit itu berupa pohon dan daun pisang menguning, kemudian buah pisangnya juga kuning, kita kira sudah tua padahal isi pisang itu kuning semua bubur dan berlendir,"ujar Antonius dibenarkan warga lainya. 

Dikatakan Antonius, akibat penyakit ini, 15 tandan pisang miliknya dibuang.

Baca juga: Tanggul Wae Bobo Manggarai Timur Ambruk Diterjang Banjir

"Bilang penyakit virus pisang ini baru terjadi tahun ini. Sudah harga pisang pertandan menurun, kini tambah kena virus lagi, ini cukup mengecewakan,"ujarnya.

Karena itu, Antonius bersama petani lainya juga meminta bantuan kepada media untuk memberitakan keluhan itu, sehingga pemerintah bisa segera mengatasi apa penyebab tanaman pisang diserang penyakit seperti itu. 

"Kami mohon bantuannya dari bapak wartawan untuk beritakan ini. Mudah-mudahan bapak pemerintah perhatian dan atasi keluhan kami ini,"ujar Petrus petani lainya. 

Berita Manggarai Timur lainnya

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved