Berita NTT

Mengenal Masa Remaja dan Permasalahannya

Orang tua harus belajar memahami anak, jangan berharap bahwa anak akan memahami orang tua apabila orang tua saja tidak mau memahami anak.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / GG
Mahasiswi Semester II Program Studi Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Kupang, Angelyca Florestra Tulit Bali 

Oleh : Angelyca Florestra Tulit Bali, Mahasiswi Prodi Teknologi Laboratorium Medis Poltekkes Kemenkes Kupang

TRIBUNFLORES.COM, KUPANG - Remaja adalah masa peralihan diri dari usia anak menuju dewasa. Pada masa ini, ada berbagai macam perubahan yang cukup terlihat. Baik secara fisik, biologis, mental dan emosional serta psikososial.

Ini adalah hal yang sangat wajar. Semua perubahan itu dapat mempengaruhi kehidupan pribadi, termasuk lingkungan keluarga maupun masyarakat.

Berikut ini adalah ulasan mengenai masa remaja dan permasalahannya.

Masa remaja sering dikenal dengan masa pemberontakan atau masa kenakalan, tetapi apakah benar menyebutnya seperti itu?

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Pulau Flores Hari Ini, Waspada Banjir ROB Pesisir Selatan hingga Timur

 

Remaja merupakan sebuah fase transisi dari anak-anak menuju dewasa. Fase remaja memang merupakan masa yang bergejolak namun merupakan fase yang penting yang akan mengantarkan individu menemukan jati diri dan mengasah kemampuan emosi dan sosialnya untuk menjadi sukses di masa depan.

Orang tua merupakan kunci utama tumbuh kembang anak. Dalam mengasuh anak, biarkan anak tumbuh dan berkembang secara wajar, jangan membandingkan anak dengan anak lain karena setiap anak mempunyai kemampuan dan keunikannya masing-masing.

Orang tua harus belajar memahami anak, jangan berharap bahwa anak akan memahami orang tua apabila orang tua saja tidak mau memahami anak.

Orang tua juga harus mulai menjalin komunikasi yang efektif sejak dini, apabila anak sudah memasuki masa remaja dan mulai membangkang, jangan langsung dimarahi dan dicap nakal, ajaklah anak untuk berkomunikasi berdua, dengarkan ceritanya, dan berilah masukan yang membangun.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved