Berita Sikka

Rd Marten Sonda Diterima Secara Adat saat Tiba di Bandara Frans Seda Maumere

Kedatangan sang yubilaris ke Kampung halamanya di Nuaria dalam rangka syukuran dan misa perdana di Paroki asalnya.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM/GG
JEMPUT SECARA ADAT - Sejumlah umat Paroki Maria Kusuma Karmel Bu Nuaria saat menjemput secara adat Rd. Marten di Bandara Frans Seda Maumere, Rabu 13 Juli 2022. Rd. Marten merupakan imam di Keuskupan Agung Kupang. Kedatangnya ke Nuaria dalam rangka syukuran dan misa perdana yang digelar Minggu 17 Juli 2022 mendatang. 

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Sejumlah umat Paroki Maria Kusuma Karmel Bu Nuaria Keuskupan Maumere menjemput imam baru di Bandara Frans Seda Maumere, Sikka, Rabu 13 Juli 2022.

Imam baru yang mereka jemput adalah putra asli Paroki Maria Kusuma Karmel Bu Nuaria.

Nama lengkapnya adalah Rd.Martinus Sixtus Sonda. Ia sudah dithabiskan di Kupang oleh Yang Mulia Mgr. Petrus Turang, Pr pada 4 Februari 2021 dan kini sudah bertugas di Oepoli Kabupaten Kupang.

Kedatangan sang yubilaris ke Kampung halamanya di Nuaria dalam rangka syukuran dan misa perdana di Paroki asalnya.

Baca juga: Kuasa Hukum Korban Astri Manafe Hargai Penundaan Tuntutan JPU

 

Pantauan TRIBUNFLORES.COM di Bandara Frans Seda, ratusan umat dan keluarga sudah berada disana sekitar pukul 14.00 Wita.

Pesawat Wings Air yang ditumpangi Rd. Marten begitu ia akrab disapa mendarat mulus di Bandara Frans Seda sekitar pukul 15.30 Wita.

Umat dan keluarga yang sudah menunggu lantas memberikan ucapan selamat datang, melakukan pengalungan dan melakukan ritual adat khas daerah Sikka.

Rd Marten Sonda Dijemput Secara Adat di Bandara Maumere
Rd Marten Sonda Dijemput Secara Adat di Bandara Maumere

Acara penjemputan juga diiringi dengan gong waning yang dimainkan oleh beberapa orang. Tampak enam orang penari lihai memperagakan tarian diiringi musik suling bambu.

Usai penjemputan, sang Yubilaris diarahkan menuju sebuah mobil yang sudah disiapkan untuk diarak menuju kampung Nuaria di Desa Detubinga, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka.

Informasi yang diperoleh bahwa misa perdana akan dilaksanakan pada Sabtu 16 Juli 2022 di Paroki Maria Kusuma Karmel Bu Nuaria.

Baca juga: Pansel Umumkan 78 Calon Anggota Bawaslu NTT Seleksi Akademik dan Psikotes

Pelaksanaan syukuran ini sebenarnya sudah dilaksanakan usai ditabhiskan menjadi imam di Keuskupan Agung Kupang namun, karena pandemi Covid maka pihak keluarga bersama panitia syukur menunda.

Sehingga acara syukuran dan misa perdana baru dilaksanakan Sabtu 16 Juli 2022 untuk Keluarga dan Minggu 17 Juli 2022 untuk umum di Paroki BMKK Bu Nuaria.

Ketua panitia syukuran imam baru, Yohanes Emanuel, mengatakan sebenarnya misa perdana dan syukuran sudah dilaksanakan tahun 2021 lalu setelah ditahbiskan.

Rd Marten Sonda Dijemput Secara Adat saat di Bandara
Rd Marten Sonda Dijemput Secara Adat saat di Bandara Frans Seda Maumere
Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved