Berita Flores Timur

Ritual Koke Bale dan Ritus Api di Festival Lewokluok Flores Timur

Desa Wisata Budaya Lewokluok di Kecamatan Demon Pagong,Flores Timur menggelar festival budaya sejak Sabtu 16 hingga 21 Juli 2022.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/AMAR OLA KEDA
Jurnalis Pos Kupang pose bersama kelompok perempuan Lewokluok dalam festivali di desa wisata, Kecamatan Demon Pagong, Sabtu 16 Juli 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Amar Ola Keda

TRIBUNFLORES.COM,LARANTUKA-Desa Wisata Budaya Lewokluok di Kecamatan Demon Pagong, Kabupaten Flores Timur menggelar festival budaya sejak Sabtu 16 hingga 21 Juli.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Flores Timur, Petrus Pemang Liku mengatakan, festival Lewokluok berlangsung enam hari dengan menghadirkan pertunjukan budaya dan pameran ekonomi kreatif warga sekitar.

"Festival Lewokluok baru dimulai tahun ini. Kita mulai dari tanggal 16 sampai 21 Juli 2022. Kita juga dampingi dan intervensi dengan anggaran yang terbatas," ujarnya kepada wartawan, Senin 18 Juli 2022.

Ia mengatakan, festival perdana ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah dan masyarakat Desa Lewokluok.

Baca juga: Desa Lewokluok Flores Timur Gelar Festival Budaya

"Pemerintah dan masyarakat membangun sinergi untuk menyukseskan kegiatan ini," Katanya.

Menurut dia, salah satu ritual budaya yang dipertontonkan adalah ritual Koke Bale. Ritual ini akan diawali dengan pembersihan rumah adat dan mengganti bubungan atap yang mulai rusak.

"Ritual ini berlangsung pada Selasa 19 Juli," jelasnya.

Setelah ritual Koke Bale, kata dia, besok harinya akan dilangsungkan ritus api, kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

"Hewan yang disembelih disimpan dulu. Keesokan harinya, Kamis 21 Juli 2022 baru dikuliti, lalu dipotong dan makan bersama warga yang hadir," jelasnya.

Baca juga: Serikat Pekka Lahirkan Tiga Kades Perempuan di Flores Timur

Ia menambahkan, festival budaya ini terbuka untuk umum dan semua fasilitas seperti home stay, dan fasilitas penunjang lainnya sudah tersedia.

"Harapannya dengan adanya festival ini pariwisata kita bisa bangkit. Saya juga mengajak para wisatawan untuk mengikuti festival Lewokluok," tutupnya.

Berita Flores Timur lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved