Berita Nagekeo

Siap Berkolaborasi, Wakil Bupati Nagekeo Dorong Peningkatan Desain Produk Ekonomi Kreatif

Oleh karena itu, kesempatan yang baik ini direspon oleh Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja untuk berkomunikasi langsung dengan para pihak.

Editor: Gordy Donovan
ISTIMEWA
FESTIVAL - Perhelatan Herborist Bali Fashion Carnival yang dilaksanakan hari Minggu 18 Juli 2022 lalu di Bali Secret Garden Village Bedugul Bali. Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja mendorong agar desain produk kreatif harus ditingkatkan. 

TRIBUNFLORES.COM, MBAY - Pelaksanaan Herborist Bali Fashion Carnival yang dilaksanakan hari Minggu 17 Juli 2022 lalu di Bali Secret Garden Village Bedugul Bali, membawa angin segar bagi kain tenun Nagekeo untuk melebarkan sayap pemasaran dengan mitra yang siap untuk bekerjasama.

Dalam acara tersebut, Tenun Nagekeo yang telah dikreasikan menjadi bentuk fashion yang menjadi bagian dari 17 sub sektor ekonomi kreatif, telah bersanding dengan ratusan busana karya 22 desainer.

Event yang berkolaborasi langsung dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Bapekraf) bersama stakeholder pariwisata Bali merupakan momentum yang tepat untuk mengenalkan potensi tenun Nagekeo di kancah nasional.

Baca juga: Kapolsek Mauponggo Berikan Materi Pembinaan Remaja di SMAK St.Joanne Baptista Wolosambi Nagekeo

 

Sekaligus secara tidak langsung busana berbahan dasar tenun tradisional karya UMKM telah ikut menjadi bagian ekosistem pariwisata Bali sebagai pintu masuk pariwisata dunia.

Oleh karena itu, kesempatan yang baik ini direspon oleh Wakil Bupati Nagekeo Marianus Waja untuk berkomunikasi langsung dengan para pihak.

Salah satu hasil diskusi yang dilakukan dengan Direktur Operasional PT Natura Pesona Mandiri Anton Thedy atau Bali Secret Garden Village yang membuahkan hasil awal positif.

"Kami sangat mengapresiasi keberanian Pemkab Nagekeo yang telah mengikuti kegiatan ini dengan sajian kreatif yang sejajar dengan karya-karya desainer dari Bali, Jakarta, dan Malaysia. Sehingga bentuk terima kasih kami, maka kami siap berdiskusi untuk keberlanjutan kegiatan ini, karena lahan seluas 4,5 Hektar dan berada pada jalur strategis travel pattern Bedugul an Beyond siap menjadi ruang promosi, pemasaran dan mitra dengan skema kerjasama, sehingga akan melakukan penghematan pengeluaran APBD daerah," ujar Anton Thedy.

Bali, dengan tingkat kunjungan wisatawan yang mulai meningkat pasca pandemi covid 19 menjadi daerah yang tepat untuk memulai jejaring kreatif nasional dan internasional, sehingga tawaran yang diberikan menjadi peluang dan momentum Nagekeo.

Baca juga: Pemilihan Kepala Desa Tanaduen di Sikka, Paulus Lengserkan Tiga Pesaing

Sementara itu, Marianus Waja mengatakan Pemda Nagekeo menyambut baik, atas tawaran yang diberikan sehingga kami akan meneruskan rencana tindak lanjut dengan sektor ekonomi kreatif di daerah kami berbasis UMKM, agar dapat memiliki kualitas, kuantitas, serta inovasi design produk yang akan layak menjadi komoditi ekonomi kreatif.


"Gayung bersambut untuk proses elaborasi ini dinas pariwisata melalui bidang ekonomi kreatif adalah garda depan kelancaran proses ini, yang didukung oleh sektor tehnis lainya yaitu Dinas Koperindag dan Dekranasda," tutup Marianus Waja.

Hal ini, selaras dengan rencana daerah untuk mengambil peluang Value Chain atau rantai pasok, yang selama ini belum terakomodir dengan baik.

Untuk merealisasikan kesepakatan awal kerjasama kreatif ini maka pihak Pemkab Nagekeo, Wastra Flora Nusantara dan Bali Secret Garden Village akan melakukan komunikasi lebih lanjut.

Berita Nagekeo lainnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved