Renungan Katolik Hari

Renungan Katolik Hari Ini Karunia Mengetahui Rahasia Kerajaan Surga

Model perumpamaan yang diajarkan oleh Yesus, dengan maksud, agar para pendengar Nya lebih mudah memahami apa yang diajarkan.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak renungan Katolik hari ini, Kamis 21 Juli 2022.

SEMANGAT PAGI, dalam bacaan Injil hari ini dikisahkan Perumpamaan Tentang Seorang Penabur (13: 10 - 17). Dan bacaan Injil hari ini merupakan kelanjutan dari Perikop Injil hari kemarin.

Hampir semua pengajaran yang dilakukan oleh Yesus dengan model perumpamaan sesuai konteks masyarakat setempat.

Model perumpamaan yang diajarkan oleh Yesus, dengan maksud, agar para pendengar Nya lebih mudah memahami apa yang diajarkan.

Baca juga: Jokowi ke Labuan Diharapkan Ada Titik Terang Tarif Kunjungan ke Taman Nasional Komdo 

 

Oleh karena itu, para murid Nya bertanya kepada Yesus, " mengapa Engkau mengajar mereka dengan perumpamaan?". Jawab Yesus " kalian diberi karunia mengetahui kerajaan Surga, tetapi orang orang lain tidak".

Karunia karunia itu adalah karunia berkata dengan hikmat, Karunia berkata dengan pengetahuan, karunia iman supranatural, karunia untuk penyembuhan, karunia untuk mengadakan mukjizat, karunia untuk bernubuat, karunia untuk membedakan, bermacam-macam roh, karunia untuk berkata kata dalam bahasa roh, karunia untuk menafsirkan bahasa roh.

Ke 9 karunia ini adalah anugerah dari Allah, bagi umat manusia yang memiliki keterbukaan hati dan pikiran kepada Nya. Jadi, berbahagialah kita yang membuka hati dan pikiran kepada Allah, sebab kita akan dikaruniai untuk mengetahui rahasia kerajaan Surga melalui Yesus Putera Nya.

Baca juga: Orang Tua Siswa SDK Apinggoot  Desak Kadis PKO Sikka Selesaikan Masalah Penerimaan Guru Honor

Dan mereka yang tidak beriman dan percaya kepada Yesus, maka tidak akan diberikan karunia untuk mengetahui rahasia kerajaan Surga. Oleh karena itu, Yesus berkata " berbahagialah mata kalian Sebab melihat, berbahagialah telinga kalian sebab mendengar".

Dan tentunya mata dan telinga disini adalah mata, telinga hati dan batin kita untuk percaya kepada Yesus, yang selalu hadir saat kita berdoa, saat kita hadir dalam perayaan Ekaristi Kudus, saat kita membaca, mendengar dan merenungkan Firman Nya.

Demikianlah buah buah karunia, yang akan membawa kita mengetahui rahasia kerajaan Surga.

Akhirnya, semoga kita menjadi saluran kasih karunia kepada sesama, agar semakin banyak orang yang mengetahui rahasia kerajaan Surga. Mudah-mudahan.

Renungan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved