Berita Sikka

Warga Desa Kolisia di Sikka Dapat Bantuan Dana Pamsimas Rp 400 Juta

Warga desa juga melakukan swadya. Menurut Yohanes, harusnya swadaya warga sekitar 10 persen dari total dana Rp 400 juta.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / KRISTIN ADAL
BERI PENJELASAN - Ketua Pokmas Pelangi, Desa Kolisia, Yohanes Babtista Balik sedang menjelaskan bantuan dana Pamsimas, Kamis, 28 Juli 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Kristin Adal

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Warga Desa Kolisia, Kecamatan Megapanda, Kabupaten Sikka, mendapatkan bantuan dana Rp. 400 juta dari program nasional, Penyedia Air Minum Bersih dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Ketua kelompok masyarakat (Pokmas) Pelangi, Desa Kolisia, Yohanes Babtista Balik kepada TRIBUNFLORES.COM, Kamis, 28 Juli 2022, mengatakan, bantuan dana Pamsimas dari pemerintah bisa membantu masyarakat desa yang kekurangan air bersih.

Sebelumnya sudah ada pemasangan pipa air di desa namun tidak menjangkau semua rumah warga Desa Kolisia. Hanya warga yang tinggal di dataran rendah memiliki sumur.

Baca juga: Demo di Kejari Sikka, Alex Longginus Tak Tahan Melihat Kondisi Nian Tana Sikka yang Semakin Hancur

 

"Kami di Desa Kolisia selama ini sangat kekurangan air bersih. Kami membeli air tank 4000-5000 liter dengan kisaran harga Rp.250.000 sampai Rp.300.000," ungkap Yohanes.

Ia mengatakan, proses pencarian dana Pamsimas tahap satu akan dilakukan dalam minggu ini. Warga desa dilibatkan mengerjakan perluasan jaringan pipa dan pemasangan sambungan di rumah-rumah warga.

Pemasangan sambungan pipa ke rumah warga ada 118 titik. Selain rumah warga ada pemasangan pada fasilitas umum yaitu kantor desa, posyandu, pustu, dan gereja. Warga desa juga melakukan swadya.

Menurut Yohanes, harusnya swadaya warga sekitar 10 persen dari total dana Rp 400 juta. Tetapi melihat kondisi warga desa yang serba sulit, swadaya hanya bisa 2 persen atau Rp.8 juta.

Berita Sikka lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved