Berita Manggarai Timur

Kades Golo Kantar Mengubah Lahan Tidur Berbuah Hortikultura Dipuji Anggota DPD RI

Lahan tidur di Longko,Kecamatan Borong,Manggarai Timur berhasil diubah oleh Kepala Desa Golo Kantar menjadi lahan holtikultura yang mulai dipanen.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/ROBERT ROPO
PANEN SIMBOLIS-Panen simbolis kebun sayuran hortikultura milik Merdianus Jehaman,Jumat 29 Juli 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Robert Ropo

TRIBUNFLORES.COM,BORONG-Kebun sayur dan buah-buahan dibudidayakan Merdianus Jehaman, Kepala Desa Golo Kantar di Longko, Desa Bangka Kantar, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur akhirnya sudah mulai dipanen. 

Panen perdana berlangsung dalam kegiatan Expo Holtikultura dan Panen Sayuran Simbolis, Jumat 29 Juli 2022 dilakukan Kepala Dinas Pertanian, Yohanes Sentis, anggota DPD RI Angelo Wake Kako, Kepala Dinas PMD, Gaspar Nanggar, CDP Manager GNI Borong, Paul Nanggor, dan taf PT Panah Merah Aloysius Ade. 

Hadir juga Kepala SMAN 3 Borong, Konstantinus Everson Rada, Koordinator BPP Lamba Leda Selatan, Fidelis Delmi Paro, para petani pelaku hortikultura,tokoh masyarakat, masyarakat Desa Golo Kantar dan Desa Bangka Kantar, para siswa SMKN 1 Poco Ranaka dan SMAN 3  Borong, pendamping pertanian, dan undangan lainya. 

Yohanes Sentis dalam membuka kegiatan itu, mengatakan, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Golo Kantar yang punya niat yang baik membuka lahan sayuran hortikultura.

Baca juga: 1.200 Petani,Nelayan dan Tukang Manggarai Timur Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

"Pemimpin seperti ini yang kita inginkan, pemimpin harus berani memulai untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar lahan tidur harus diolah dan berfungsi untuk dijadikan kebun sayuran atau tanaman lain guna menambah pendapatan ekonomi masyarakat itu sendiri. Yang dilakukan pak Kades ini sungguh luar biasa," ujarnya. 

Menurut Sentis, dengan adanya moment ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi para petani lainya khususnya di Desa Golo Kantar dan Bangka Kantar. Karena dengan membudidayakan sayuran horti ini selain menambah pendapatan ekonomi, juga mendukung pasokan sayuran untuk pariwisata super premium Labuan Bajo. 

"Di Labuan Bajo, banyak yang ekspor sayuran dari daerah lain di pulau Flores ada yang dari Bima, Jawa dan daerah lainya. Kita harus memanfaatkan dengan hadirnya pariwisata premium ini dengan terus mengembangkan tanaman horti ini dan dengan harapan desa Golo Kantar menjadi sentra horti di kabupaten Matim,"ujarnya.

Sentis juga mengatakan, Pemda Matim sangat bangga dan tentu mendukung segala usaha yang dilakukan masyarakat.

Baca juga: Buka Turnamen Sepakbola, Bupati Manggarai Timur Diterima Ritual Adat

Sentis juga menyampaikan terima kasih kepada Gugah Nurani Indonesia dan PT Palah Merah yang terus memberikan support terhadap para petani khususnya pembudidayaan di kebun sayuran milik Kades Golo Kantar hingga bisa memberikan hasil yang memuaskan. 

Karena itu, Sentis juga mengajak kerja sama dan kolaborasi dari semua pihak untuk pengembangan tanaman horti khususnya sayur dan buah-buahan. 

Anggota DPD RI, Angelo Wake Kako, memberikan motivasi kepada para petani yang hadir dalam kegiatan itu untuk membudidayakan tanaman hortikultura baik sayuran maupun buah-buahan. Menurutnya hasil survei 80 persen lahan tanah di NTT tidur lelap tanpa dimanfaatkan. 

Ia juga memuji gebrakan yang dilakukan oleh Kades Golo Kantar yang berani memulai dan akhirnya memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Baca juga: BREAKING NEWS: Seorang Warga di Sikka Ditemukan Tewas Terapung di Laut

"Saya apresiasi atas gebrakan yang dilakukan kepala desa ini dimana berani memulai memanfaatkan lahan kosong dimana selama ini lahan kosong selama ini tertidur kini sudah berubah. Ini luar biasa lahan ini sudah disulap menjadi kebun hortikultura yang hasilnya sudah mulai nampak," ungkap Angelo. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved