Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik, 10.000 Wisatawan Batal ke Labuan Bajo Manggarai Barat

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo Naik sehingga 10.000 Wisatawan Batal ke Labuan Bajo Manggarai Barat.

Editor: Gordy Donovan
DOK.TRIBUNNEWS
KOMODO-Binatang purba Komodo di Taman Nasional Komodo,Kabupaten Manggarai Barat. Kini harga tiket masuk Taman Nasional Komodo Naik dan ribuan wisatawan batal datang ke Labuan Bajo Manggarai Barat, Agustus 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO - Ribuan wisatawan batal datang ke Labuan Bajo. Hal itu penyebab dari naiknya harga tiket masuk Taman Nasional Komodo.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Provinsi NTT, Agus Bataona.

Agus menyebutkan, ribuan wisatawan membatalkan kunjungannya ke Labuan Bajo akibat kebijakan kenaikan tiket Rp 3,75 juta ke kawasan Taman Nasional (TN) Komodo.

"Sejak saat ini hingga dua tiga bulan ke depan kurang lebih 10.000 wisatawan telah membatalkan kedatangannya ke Labuan Bajo," ujar Agus saat ditemui di Maumere, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: 9 Korban Lakalantas Rawat di IGD RSUD TC Hillers Maumere Sikka, 1 Orang Anak Kecil

 

Menurutnya, pembatalan kunjungan ini seharusnya menjadi pertimbangan serius dari pemerintah agar membatalkan kenaikan tiket. Apalagi, lanjut dia, kebijakan tersebut telah memicu ketegangan sosial, aksi unjuk rasa, hingga mogok kerja.

"Puncak unjuk rasa dimulai Senin (1/8/2022) yakni melaksanakan mogok massal sambil melakukan kegiatan pungut sampah. Tetapi kami diberangus oleh aparat represif secara paksa demi Kamtibmas padahal sedikit pun kami tidak pernah melakukan hal-hal anarkis," ujarnya.

Sedari awal, beber Agus, pihaknya telah meminta pemerintah berdialog dan membahas bersama seluruh pelaku wisata.

Namun permohonan itu tidak pernah dihargai apalagi ditanggapi.

"Terkesan ada pemaksaan agar segera memberlakukan keputusan tersebut tanpa proses sosialisasi yang teratur dan berulang kali," katanya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved