Berita Manggarai

Manggarai Raya Jadi Kawasan Top-Super Prioritas Ketahanan Iklim Sektor Pertanian

Seminar Nasional di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai pada Rabu 3 Agustus 2022 membahas pembangunan berkelanjutan iklim dan menjadikan Manggarai, Ma

TRIBUNFLORES.COM/CHARLES ABAR
DISKUSI-Pemateri saat memaparkan materi pada seminar Nasional Perubahan Iklim di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai pada Rabu 3 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM,Charles Abar

TRIBUNFLORES.COM,RUTENG - Seminar Nasional di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai pada Rabu 3 Agustus 2022 membahas pembangunan berkelanjutan iklim dan menjadikan Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat sebagai kawasan top Super prioritas di Sektor Pertanian.

Seminar bertajuk perubahan iklim ini menghadirkan pemateri dari Undana Kupang Prof. Philipi de Rozari, Direktur Keanekaragaman Badan Pangan Nasional RI Rinna Syawal, Sritantri Arundhati Direktur adaptasi Perubahan Iklim Kemantrian Lingkungan Hidup RI, Irfan Darliazi Yananto staf fungsi Perencana Bapenas, Yosep Ronaldi dari Lokal Champions Koalisi Pangan BAIK dan Rikardus Roden dari Ayo Vikra.

Selaku tuan rumah, Bupati Manggarai Herybertus GL.Nabit menyampaikan, ancaman perubahan iklim nyata, bukan hanya tentang perubahan cuaca tapi juga menimbulkan hama pada pertanian.

Masalah ketahanan pangan menurut Bupati Hery perlu kolaborasi dari setiap elemen,untuk membuka diri dan memberikan masukan-masukan membangun.

Baca juga: 1.200 Petani,Nelayan dan Tukang Manggarai Timur Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

 

"Organisasi-organisasi non pemerintahan, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama juga membuka diri untuk memberikan masukan-masukan kepada kita," ungkapnya

Bupati Hery berharap ruang diskusi ini memberikan pencerahan-pencerahan dan memperkaya pengetahuan untuk menjadi bekal bagi peserta dari tiga kabupaten yang hadir.

Sementara Direktur Keanekaragaman pangan, Badan Pangan Nasional RI, Rinna Syawal mengingatkan kepada masyarakat Manggarai agar mengantisipasi perubahan iklim dengan menyiapkan pasokan pangan.

Rina menegaskan perubahan iklim ini juga sangat berdampak pada kesehatan fisik, seperti kekuranga gizi sehingga menimbulkan masalah seperti stunting.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved