Renungan Katolik Hari Ini

Renungan Katolik Hari Ini, Membangun Relasi yang Intim & Intens dengan Tuhan Melalui Doa

Renungan Katolik Hari Ini, Membangun Relasi yang Intim & Intens dengan Tuhan Melalui Doa. Baca renungan Katolik hari ini.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-FR YOHANES
Simak renungan Katolik Hari Ini dari Fr. M. Yohanes Berchmans 

Oleh: Fr. M. Yohanes Berchmans, Bhk

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Simak renungan Katolik hari ini, Kamis 4 Agustus 2022.

Judul Renungan Katolik hari ini: Membangun Relasi Yang Intim dan Intens dengan Tuhan Melalui Doa.

SEMANGAT PAGI, dalam bacaan Injil hari ini dikisahkan tentang Pengakuan dan Pemberitahuan Pertama Tentang Penderitaan Yesus dan Syarat syarat Mengikut Dia (Mat. 16: 13 - 23). Dalam Injil hari ini, Yesus ingin mendengar apa pendapat orang tentang Dia, seiring dengan popularitas diri Nya yang sangat fenomenal, melalui para murid Nya.

Dia bertanya kepada para murid Nya " kata orang siapakah Anak Manusia itu?". Jawab para murid Nya " ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis; ada juga yang mengatakan Elia, dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi".

Baca juga: Renungan Katolik Hari Ini, Iman Diuji Supaya Murni

 

 

Kata orang orang itu belum sesuai yang di harapkan oleh Yesus. Namun, bisa jadi karena mereka belum mengenal dengan baik siapakah Yesus itu? Yang mereka tahu bahwa Yesus mewartakan Injil, mewartakan kerajaan Allah sudah dekat, atau menyerukan pertobatan seperti, yang dilakukan oleh para nabi pada zamannya.

Atau bisa juga mereka hanya mendengar cerita atau mendengar kata orang bahwa ada yang namanya Yesus. Oleh karena Yesus tidak puas dengan kata orang orang tentang Dia, maka Dia bertanya kepada para murid sendiri. Tetapi, apa katamu, " siapakah Aku ini? ".

Jawab Simon Petrus: " Engkaulah Mesias, Anak Allah yang hidup". Atas jawabannya itu, Yesus berkata kepadanya: " berbahagialah engkau Simon anak Yunus...". Itu artinya jawaban Simon Petrus yang mewakili para murid yang lain, sangat benar.

Mengapa benar? Selain karena itu adalah Allah yang mengatakan itu lewat Simon Petrus, tetapi juga karena Simon Petrus dan para murid yang lain hidup dan tinggal bersama Yesus. Jadi, relasi yang intim dan intens serta pengalaman kedekatan dengan Yesus, menjadikan Simon Petrus mengenal siapakah Yesus itu.

Dan kalau kita simak baik-baik, ada sedikit perbedaan, ketika Yesus bertanya kepada orang orang dengan kata "Anak Manusia", sedangkan ketika bertanya kepada para murid Nya, Dia menggunakan kata "Aku", artinya lebih personal.

Baca juga: Renungan Katolik Hari Ini, Tekun Dalam Iman dan Jangan Cepat Putus Asa

Sedangkan Anak Manusia, lebih umum alias tidak personal. Tetapi terlepas dari personal atau tidak, namun apa jawaban kita, ketika Yesus bertanya dengan pertanyaan yang sama kepada kita, tetapi apa katamu, " siapakah Aku ini?".

Dan apa jawaban kita? Apakah sama seperti kata orang atau seperti kata Simon Petrus?. Atau kita punya jawaban sendiri? Yang jelas jawaban kita masing-masing, berpulang pada pengalaman iman, pengalaman kedekatan, serta relasi yang intim dan intens, melalui pengalaman rohani atau spiritual kita dengan Yesus.

Semoga jawaban kita sesuai dengan harapan Yesus, sehingga kita pun disebut yang berbahagia, dengan menyebut nama kita masing-masing. Mudah-mudahan.

Renugan Katolik lainnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved