Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Tawaran Solusi Ormas PATRIA Terkait Konservasi Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo Manggarai Barat

Tawaran Solusi Ormas PATRIA Terkait Konservasi Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo Manggarai Barat. Kini harga tiket taman nasional komodo naik.

Editor: Gordy Donovan
(SHUTTERSTOCK/Sergey Uryadnikov)
KOMODO - Komodo di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ormas PATRIA memberikan solusi bagi pemprov NTT terkait konservasi Taman Nasional Komodo, Agustus 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, LABUAN BAJO - Organisasi Masyarakat (Ormas) Perkumpulan Alumni Marga Siswa Republik Indonesia atau PATRIA PMKRI menawarkan solusi terkait polemik kenaikan harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo (TNK), di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang awalnya Rp 150 ribu naik menjadi Rp 3,75 juta.

Tawaran solusi tersebut mengemuka saat diskusi Virtual yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PATRIA, Rabu 3 Agustus 2022.

"Bila pemerintah berkepentingan untuk konservasi TNK, maka solusi yang tepatnya dengan sistem kuota setiap tahunnya, artinya wisatawan bisa mengisi kuota tersebut sesuai kepentingan konservasi," kata Ketua Umum DPP PATRIA, Agustinus Tamo Mbapa.

Menurut Gustaf, pemerintah tidak perlu menaikan harga tiket hingga 3,75 juta yang justru berdampak buruk terhadap pelaku pariwisata di Manggarai Barat (Mabar).

Baca juga: Ombudsman NTT Minta Persoalan Internal RSUD SK Lerik Kota Kupang Jangan Korbankan Pasien

 

Lebih lanjut Mantan Ketua Umum Pemuda Katolik ini mengatakan, pemerintah harus mencabut keputusan tersebut dan tidak memaksakan keinginannya sehingga mengabaikan reaksi protes masyarakat khususnya para pelaku pariwisata.

"Pemerintah harus mencabut keputusan kenaikan harga tiket tersebut dan harus mendengar berbagai masukan publik khususnya para pelaku pariwisata," tegas Gustaf.

Diskusi Virtual yang dipandu moderator Paula Landowero ini juga dihadiri sejumlah narasumber, yakni Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT,Dr. Sony Libing, tokoh masyarakat Mabar, Dr. Bernardus Barat Daya, dan Ketua Dewan Pembina DPP PATRIA, Robertus Lamanepa.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Zony Libing menjelaskan, alasan menaikkan harga tiket di TNK berdasarkan kajian dan masukan dari Pemerintah Provinsi NTT, dikarenakan mulai berkurangnya nilai ekosistem konservasi di Taman Nasional Komodo.

Baca juga: Bank NTT Seminar di Labuan Bajo, Bahas Kemampuan Transformasi Digital Sesuai Tuntutan Zaman

Pegiat konservasi merasa perlu mengambil tindakan agar Komodo sebagai satwa yang dilindungi tidak punah, dan terjaga populasinya serta habitatnya dilindungi.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved