Berita Manggarai

Ini Hasil Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMP di Kecamatan Ruteng Manggarai

Hasil Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SMP di Kecamatan Ruteng Manggarai. Lomba digelar Sabtu 6 Agustus 2022 di Kuwu Manggarai, NTT.

Editor: Gordy Donovan
TRIBUNFLORES.COM / HO-PANITIA
LOMBA - Kegiatan FLS2N tingkat SMP se Kecamatan Ruteng di Aula SMP St. Klaus - Kuwu Kabupaten Manggarai, Sabtu 6 Agustus 2022. 

TRIBUNFLORES.COM, RUTENG - Puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur bersaing ketat dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ajang SMP Tahun 2022 tingkat Kecamatan Ruteng di Aula SMP St. Klaus - Kuwu, Sabtu 6 Agustus 2022.

Puluhan siswa tersebut diketahui berasal dari delapan Sekolah Menengah Pertama yang ada di wilayah Kecamatan Ruteng, yaitu: SMP St. Klaus-Kuwu, SMPN 11 Ruteng Bea Kakor, SMPN 1 Ruteng Cancar, SMPN 13 Ruteng, SMPN 9 Ruteng, SMPN 6 Ruteng, SMPN 7 Ruteng, dan SMPN 10 Ruteng.

Mereka hadir mewakili sekolahnya dalam ajang festival dan lomba seni untuk bersaing menunjukkan potensi, bakat dan minat yang dimilikinya dalam dua bidang seni, yaitu seni olah vokal dan seni tari.

Baca juga: Dilantik Jadi Ketua KONI Sikka, Bupati Sikka Roby Idong Upayakan Bangun Sarana Prasarana Olahraga

 

Untuk bidang seni vokal, setiap peserta baik putra maupun putri ditantang untuk bisa membawakan dua nomor lagu, yang terdiri dari 1 lagu wajib dalam bahasa Indonesia dan 1 nomor lagu lainnya merupakan lagu bahasa daerah Manggarai.

Sementara itu, untuk bidang seni tari, para peserta ditantang untuk bisa membawakan tarian kreasi budaya Manggarai dengan kriterianya masing-masing, baik itu soal ekspresi, mental, maupun juga soal konstrasi.

Ketua Pelaksana ajang festival lomba seni siswa nasional jenjang SMP tingkat Kecamatan Ruteng, Marius Karang, menjelaskan, tujuan utama dari pendidikan adalah memanusiakan manusia.

Hal itu, kata Marius Karang, menjadi arah dan tujuan terselenggaranya seluruh rangkaian kegiatan yang ada di semua lembaga pendidikan.

Baca juga: Ritual Teing Hang Minta Restu Leluhur Sukseskan Festival Golo Koe Labuan Bajo 2022

Meski demikian, dalam beberapa tahun terakhir, sekolah sebagai lembaga pendidikan mengalami hentakan yang cukup hebat dalam seluruh proses pendidikan karena adanya wabah covid-19.

Namun, berkat penyertaan Tuhan, pada tahun 2022 ini, semua sekolah kembali diberi kesempatan untuk melaksanakan seluruh rangkaian pendidikan bagi generasi-generasi masa depan Indonesia, termasuk yang ada di Manggarai dan lebih khususnya di Kecamatan Ruteng, baik itu melalui kegiatan intrakurikuler maupun juga kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta keterampilan dari para peserta didik selaku generasi penerus bangsa.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved