Harga Tiket Masuk Taman Nasional Komodo

Tunda Kenaikan Tiket Masuk Pulau Komodo, Andreas Hugo Pareira: Harus Dikaji

Tunda Kenaikan Tiket Masuk Pulau Komodo, Andreas Hugo Pareira minta Harus Dikaji . Sehingga kenaikan harga tiket masuk TN Komodo tidak asal-asal saja.

Editor: Gordy Donovan
DOK.TRIBUNNEWS
KOMODO-Binatang purba Komodo di Taman Nasional Komodo,Kabupaten Manggarai Barat. Pemprov NTT resmi menunda kenaikan harga tiket masuk taman nasional Komodo di Labuan Bajo Manggarai Barat. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Aris Ninu

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE- Penundaan pemberlakukan keputusan pemerintah tarif masuk Pulau Komodo akhrinya ditunda hingga Januari 2023.

Atas penundaan itu, Andreas Hugo Pareira, anggota DPR RI meminta Pemprov NTT melakukan pengkajian lagi agar peraturan yang dikeluarkan harus memilikki dasar hukum yang jelas.

Selain itu, AHP, begitu sapaan Andreas, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan ini, mendesak agar peraturan yang dikeluarkan perlu disinkronisasikan dengan peraturan di pusat.

Baca juga: PLN Mulai Lakukan Pengadaan Lahan PLTP Mataloko di Ngada Flores

 

“Pembuat peraturan pun harus dikaji secara baik dan melibatkan semua pihak. Bicara pariwisata itu ada banyak pihak seperti alam, pelaku pariwisata dan pembuat kebijakan. Kemudian penundaan ini maksud untuk apa dan apakah penundaan itu untuk member-lakukan lagi peraturan yang sempat menuai protes. Atau penun-daan ini ada aturan baru yang akan dibuat. Maka itu, saya menyarankan teman-teman di DPRD NTT bisa mengawal secara baik proses ini,” tegas AHP saat dihubungi TribunFlores.Com dari Maumere, Senin 8 Agustus 2022 pagi.

Ia menjelaskan, penundaan ini harus disikapi pemerintah dengan melakukan kajian-kajian secara baik sehingga ke depan tidak ada aksi protes. Bila perlu semua pihak harus dilihatkan dalam rangka proses pengkajian.

Sebelumnya, kebijakan pembatasan kunjungan dan tarif masuk ke Taman Nasional (TN) Komodo di NTT berujung protes dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) Labuan Bajo hingga terjadi kisruh dalam aksi demonstrasi. AHP, anggota Komisi X DPR RI berharap semua stakeholder dapat duduk bersama untuk mencari solusi dari persoalan ini.

Baca juga: Penundaan Tarif TNK, Pengamat Kebijakan Publik Sarankan Pemprov NTT Bahas Bersama Masyarakat

“Kenaikan tarif ke TN Komodo yang drastis menimbulkan shock bagi pelaku wisata di Labuan Bajo karena khawatir akan berku-rangnya kunjungan wisatawan,” kata Anggota Komisi X DPR RI, Rabu, 3 Agustus 2022.

Pemerintah memutuskan menaikkan tarif masuk ke TN Komodo, termasuk Pulau Komodo dan Pulau Padar, dari Rp 200 ribu men-jadi Rp 3,75 juta. Tarif tersebut berlaku untuk setahun, belum termasuk sewa kapal dan akomodasi.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved