Berita Sikka

Kesulitan Akses Internet, Guru dan Siswa SMPN Henga, Sikka Berjuang Cari Sinyal Hingga ke Perbukitan

Minimnya akses internet dan fasilitas komputer, membuat guru dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Henga di Desa Lewomada, Kecamatan Talibu

TRIBUNFLORES.COM/ARNOLD WELIANTO
CARI SINYAL- Guru dan Siswa SMPN Henga berjuang mencari jaringan internet hingga ke Perbukitan Tobi Kulu Belek Henga di Desa Lewomada, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, Jumat, 19 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Arnold Welianto

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Minimnya akses internet dan fasilitas komputer, membuat guru dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Henga di Desa Lewomada, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, terpaksa harus berjuang mencari jaringan internet hingga ke perbukitan.

Untuk menuju ke sana, guru dan anak sekolah ini menempuh perjalanan darat sejauh 1 kilometer dengan berjalan kaki. Jika dengan kendaraan bermotor, maka waktu tempuhnya hanya sekitar 15 menit dari kampung Henga.

Kepala Sekolah SMPN Henga, Silvina Sinta, Kepada TribunFlores.com, Jumat, 19 Agustus 2022 pagi mengatakan,
berbagai kendala tentu dialami oleh para Guru dan pelajar di sekolahnya seperti keterbatasan akses internet.

Dia mengatakan untuk dapat akses internet, para guru bersama pelajar harus berjuang mencari sinyal internet hingga ke perbukitan Tobi Kulu Belek Henga.

Baca juga: Goyang Bento Pelajar Berseragam Viral, Momen HUT RI Guru di Maumere Ingatkan Tidak Mendidik

 

"Kami di Henga tidak ada jaringan internet, sinyal internet kami pake cari sampai di bukit Tobi Kulu Belek"ujarnya

Menurutnya, kesulitan akses internet membuat para guru di SMPN Henga terkendala untuk mengisi data survei lingkungan Belajar dan Input data Dapodik.

"kadang kami isi data-data survei lingkungan belajar sampai tengah malam, karena mau input data, tiba-tiba saja jaringan hilang" ujarnya

Selain itu, pihak sekolah pun kewalahan dengan fasilitas komputer, karena disekolah tersebut hanya ada satu komputer yang bisa digunakan padahal sekolah tersebut berdiri pada tahun 2006.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved