Berita Sikka

Miliki Semangat Merantau,Transmigran Asal Sikka Terpilih Pindah ke Kabupaten Mamasa

Empat kepala keluarga asal Kabupaten Sikka memenuhi kuota transmigrasi untuk diberangkatkan ke tempat tinggal baru di Mamasa, Sulawesi Barat.

Editor: Egy Moa
TRIBUN FLORES.COM/PAULUS KEBELEN
Kepala Bidang Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT, Wayan Subrata memberikan sambutan dalam pelepasan empat kepala keluarga transmigrasi di Kantor Disnakertrans Sikka, Sabtu 20 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Paulus Kebelen

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE-Sebanyak empat kepala keluarga (KK) di Kabupaten Sikka telah memenuhi kuota transmigrasi untuk diberangkatkan ke tempat tinggal baru ke Mamasa, Sulawesi Barat.

Kepala Bidang Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) NTT, Wayan Subrata mengatakan banyak daerah yang meminta kuota, namun pihaknya memilih warga Sikka karena punya jiwa merantau dan tidak cepat putus asa.

"Hanya Sikka saja. Karena jiwa merantau orang Sikka ini beda, tidak banyak cengeng. Banyak warga yang berangkat lalu cengeng," katanya setelah acara pelepasan di Kantor Disnakertrans Kabupaten Sikka, Sabtu 20 Agustus 2022.

Ia mengatakan, sebelumnya terdapat sepuluh kuota untuk transmigran asal NTT namun sudah dikurangi akibat refocusing anggaran pandemi covid-19.

Baca juga: Tekad Perbaiki Kehidupan Rumah Tangga, Empat Keluarga Asal Sikka Transmigrasi ke Kabupaten Mamasa

"Sebelumnya ada sepuluh, tapi kita kurangi menjadi delapan, dan hasil akhirnya menjadi empat kuota. Semuanya sudah diisi warga Sikka," katanya setelah acara pelepasan empat KK transmigran di Kantor Disnakertrans Kabupaten Sikka, Sabtu 20 Agustus 2022.

Wayan menyebutkan, biaya transportasi empat KK beserta anggota keluarga sudah ditanggung Pemerintah Provinsi NTT melalui dinas terkait. Mereka juga langsung menempati hunian baru yang dibangun sejak tahun 2021.

"Rumah transmigran dibangun pada tahun 2021. Masing-masing kepala keluarga juga diberikan lahan seluas dua hektar. Tapi sebelum memperoleh hasil sendiri, mereka mendapatkan bantuan program Catu Pangan yang menyedikan beras, minyak goreng, minyak tanah, bumbu dapur dan lain-lain," bebernya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sikka, Valerianus Samador mengatakan, sebanyak 14 jiwa akan berangkat ke Sulawesi Barat menggunakan pesawat.

Baca juga: Empat Keluarga Transmigran Sikka dapat Lahan 2 Hektar dan Rumah di Mamasa,Sulawesi Barat

"Mereka berangkat hari ini dengan pesawat. Saya sempat bilang mereka bahwa harus bersyukur karena di tempat tinggal baru, mereka bisa berinvestasi untuk hidup anak-anaknya," ujar Valerianus.

Sebelumnya diberitakan, empat keluarga (Kk) transmigran asal Kabupaten Sikka diberangkatkan menuju tempat tinggal baru di Desa Mehalaan, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Pelepasan itu dilakukan oleh Sekretaris Daerah Sikka, Adrianus Firminus Parera, bertempat di Kantor Disnakertrans Sikka, Sabtu 20 Agustus 2022, sekira pukul 11.00 Wita.

Adrianus menyampaikan terima kasih kepada Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Diskopnakertrans) Provinsi NTT yang telah mengalokasikan empat kuota bagi warga Sikka.

Baca juga: Kapolsek Waigete dan Bripka Soalihin Tanam Bawang Bersama Warga Nebe Sikka

"Saya perlu menyampaikan apresiasi bahwa dari sekian wilayah kota dan kabupaten, hanya kita yang bisa memenuhi empat kuota ini," ujarnya saat memberikan sambutan.

Adrinus juga berpesan kepada para transmigran agar bekerja sungguh-sungguh dan mampu menyesuaikan diri dengan kebiasaan di tempat tinggal baru.

Berita Sikka lainnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved