Berita Lembata

Pelajar Sanpio Lewoleba Rebut Prestasi Olimpiade Sains Nasional

Belum berprestasi di Provinsi NTT segenap civitas SMPK Santu Pius X Lewoleba alias SanPio tetap berbangga, SanPio merebut prestasi

Editor: Egy Moa
Pelajar Sanpio Lewoleba Rebut Prestasi  Olimpiade Sains Nasional
Dok/HUMAS SANPIO LEWOLEBA
Pelajar SMPK Santu Pius X Lewoleba alias SanPio yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) secara online menoreh prestasi tingkat kabupaten Lembata.

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, RICKO WAWO

TRIBUNFLORES.COM,LEWOLEBA-Walau belum berprestasi di tingkat Provinsi NTT segenap civitas SMPK Santu Pius X Lewoleba alias SanPio tetap berbangga. Tiga siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) secara online berhasil menoreh prestasi tingkat Kabupaten Lembata.

OSN Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama tahun 2022 diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) digelar pada tanggal 28 – 29 Juli 2022. Even OSN ini diikuti 11.812 peserta dari seluruh Indonesia. Tiga (3) siswa SanPio sukses meraih sepuluh besar.

Informasi soal prestasi tiga siswa SanPio itu diperoleh dari surat Kepala BPTI, Asep Sukmayadi nomor : 0420/J7.1/PN.01/2022 tertanggal 15 Agustus 2022, yang baru sampai ke SanPio, Jumat (19/8/2022). Surat itu juga melampirkan Peringkat 10 Besar Kabupaten/Kota dan Provinsi OSN SD dan SMP Tahun 2022.

Dalam surat yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia itu, Asep Sukmayadi menyatakan, “Dengan telah berakhirnya pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional Jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Tahun 2022, dengan hormat kami sampaikan bahwa Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menerbitkan peringkat 10 (sepuluh) besar TingkatKabupaten/Kota dan Provinsi.”

Baca juga: Perseftim Ikut ETMC di Lembata Didukung Dana Pemda Flores Timur

Civitas SanPio menyambut gembira pengumuman tersebut. Mereka mengikuti tiga mata lomba secara online pada event ini, yakni mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Matematika.

Mata pelajaran IPA dikuti Maria Barek Wolor kelas IX, dan berhasil meraih peringkat I (satu) tingkat Kabupaten Lembata. Mata pelajaran IPS diikuti oleh Bernadino Aryanto Lau Ladoangin, kelas IX, dan meraih peringkat I (satu) tingkat Kabupaten Lembata dan Juara IV (empat) tingkat Propinsi NTT. Dan, mata pelajaran Matematika diikuti Namesio Sendi Baku Kia Duan, kelas IX, yang meraih peringkat II (dua) tingkat Kabupaten Lembata.

Ketiga siswa ini mengaku banggga atas pencapaian yang mereka peroleh. Guru pendamping mereka pun ikut berbangga. Mata pelajaran IPS didampingi Yuliana Gelu Waleng,S.Pd, mata pelajaran Matematika didampingi Filomena Mole Kamalera,S.Pd, sedangkan dua guru –Emanuel Jawa Kian,S.Pd dan Mariana Peni Manuk,S.Pd– sebagai pendamping mata pelajaran IPA.

Mole Kamalera yang akrab disapa Felly mengaku bangga atas pencapaian siswa/siswi yang didampinginya. Dia berharap agar prestasi yang diraih ini dapat terus ditingkatkan pada kesempatan berikutnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Lembata Ingatkan Kontraktor Jaga Kualitas Jalan yang Dikerjakan Dari Dana PEN

“Saya sebagai pembimbing tentunya bangga dengan perjuangan dan pencapaian ini. Mereka sangat luar biasa karena tetap semangat mengikuti proses bimbingan maupun lombanya. Keterbatasan waktu tidak menjadi penghalang semangat mereka untuk terus belajar. Prestasi mereka ini menunjukan bahwa walaupun dalam suasana Pandemi Covid-19 mereka masih punya semangat belajar. Semoga prestasi ini terus ditingkatkan pada kesempatan-kesempatan berikutnya,” ungkap Felly, bangga.

Nada bangga dan harapan yang sama disampaikan oleh Suster Mary Grace, CB,S.Pd sebagai kepala sekolah. 

“Saya sebagai kepala sekolah bangga atas prestasi yang diraih oleh mereka bertiga. Meskipun bimbingan belajarnya dan pelaksanaan OSN-nya pada masa liburan,” ujarnya. 

Berita Lembata lainnya


 

Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved