Berita Sikka

Peningkatan Ekonomi Melalui Sektor Pariwisata, Camat Magepanda : Kita Harus Punya Brand Sendiri

Dalam mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Camat Kristian Armstrong S.ST mengungkapkan masyarakat di K

TRIBUNFLORES.COM/NOFRY FUKA
TALK SHOW - Camat Magepanda, Kristian Armstrong S.ST saat talk show Flores Bicara yang diadakan di Kantor TribunFlores.com, Selasa 23 Agustus 2022. 

Laporan Reporter TRIBUNFLORES.COM, Nofri Fuka

TRIBUNFLORES.COM, MAUMERE - Dalam mengupayakan peningkatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Camat Kristian Armstrong S.ST mengungkapkan masyarakat di Kecamatan Magepanda hendaknya memiliki brand sendiri.

Hal ini disampaikan Kristian dalam acara talk show Flores Bicara, yang dipandu oleh Kristin Adal, jurnalis TRIBUNFLORES.COM, Selasa 23 Agustus 2022.

Camat Kristian menjelaskan untuk memiliki brand sendiri, maka perlu mengoptimalkan potensi wisata yang ada di wilayah Kecamatan Magepanda.

Menurutnya, selain untuk peninggkatan ekonomi masyarakat,  optimaslisasi potensi wisata, sekaligus membesarkan nama Magepanda khususnya dan Sikka sehingga dikenal luas.

Baca juga: Wisata Rohani Flores, Gua Maria Fatima Watuwea di Magepanda Sikka

 

"Kemarin waktu pertemuan di Desa Kolisia B, saya sampaikan untuk pihak BPD, aparat desa, bahwa bagaimana pariwisata kita itu bisa hidup, kita tidak bisa hanya andalkan orang luar. Kita di sini yang harus menyediakan sumber daya manusianya, alam kita juga sudah ada. Nah, saya bilang kita itu harus punya brand," kata Kristian.

"Contohnya seperti Kajuwulu. Itu yang ditawarkan adalah sunsetnya. Namun sebelum itu, hendaknya sehari sebelum itu satu orang datang itu harus kita harus suguhkan apa begitu. Dibuatlah lopo-lopo, rumah rumah kecil yang nanti orang datang itu bisa istirahat," imbuhnya.

Kristian menyoroti peran Badan usaha milik desa (Bumdes) yang dinilai sangat penting dalam mengemban tugas ini. "Kalau pemerintah mau melakukan sesuatu itukan harus seizin Bumdes. Sekarang itu tergantung dari kita. Kalau untuk koodinasi saya siap," ujarnya.

Camat Kristian menegaskan, fungsinya sebagai camat adalah mengkoordinasi semua hal yang ada di wilayah kecamatannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved